visitaaponce.com

Perum Bulog Pastikan Ketersediaan Beras selama Ramadan dan Lebaran

Perum Bulog Pastikan Ketersediaan Beras selama Ramadan dan Lebaran
Para pekerja mengangkut beras di gudang Perum Bulog.(Antara)

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi memastikan pihaknya berkomitmen memenuhi kebutuhan beras masyarakat Indonesia terutama pada periode Ramadan dan Lebaran tahun ini. Ia mengklaim perseroan memiliki ketersediaan beras yang mencukupi.

"Stok beras Bulog saat ini mencapai 1,2 juta ton. Itu sudah kita gelontorkan ke berbagai saluran distribusi, baik untuk Program Bantuan Pangan Beras maupun Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) guna memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Bayu di Jakarta, Senin (19/2).

Perseroan juga terus mendorong distribusi beras ke Pasar Induk Cipinang, pasar tradisional dan ritel modern.

Baca juga : Jelang Ramadan, Pemprov DKI Diminta Waspadai Lonjakan Harga Pangan

"Jadi, ritel modern pun sudah mulai terpenuhi dalam seminggu terakhir ini. Masyarakat tidak perlu khawatir kesulitan dalam mencari beras," tuturnya.

Bayu turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam penyaluran bantuan beras 10 kilogram kepada keluarga penerima manfaat di Tanggerang Selatan, Banten. Jokowi menegaskan bahwa program bantuan pangan beras merupakan salah satu solusi dalam menghadapi situasi perberasan yang saat ini tengah mengalami fluktuasi harga.

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan bahwa kenaikan harga beras saat ini dipicu kegagalan panen yang disebabkan oleh bencana El Nino di seluruh dunia, sehingga itu berdampak pada kenaikan harga karena jumlah produksi menurun sementara kebutuhan konsumsi masyarakat cenderung tetap atau bahkan mengalami peningkatan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat