visitaaponce.com

Capital One Akuisisi Perusahaan Kartu Kredit Discover Senilai Rp600 Triliun

Capital One Akuisisi Perusahaan Kartu Kredit Discover Senilai Rp600 Triliun
Logo Capital One dan Discover( JOE RAEDLE and SCOTT OLSON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Raksasa perbankan Amerika,  Capital One mengumumkan akan mengakuisisi perusahaan jasa keuangan Discover dengan kesepakatan seluruh saham senilai US$35,3 miliar atau kurang lebih Rp600 Triliun.

Untuk diketahui, Discover adalah salah satu jaringan kartu kredit utama di Amerika Serikat, namun lebih kecil dari tiga jaringan kartu kredit teratas seperti Visa, Mastercard, dan American Express.

Berdasarkan kesepakatan yang dimumukan Senin (19/2) , pemegang saham Discover akan menerima 1,0192 saham Capital One dengan premi sebesar 26,6% dibandingkan harga penutupan Discover pada Jumat (16/2).

Baca juga : Akuisisi atau tidak! GoTo Telah di Jalur Profitabilitas

Akuisisi Discover akan membantu membangun jaringan pembayaran yang dapat bersaing dengan jaringan pembayaran dan perusahaan pembayaran terbesar," kata pendiri dan CEO Capital One, Richard Fairbank dalam sebuah pernyataan.

Setelah kesepakatan tercapai, pemegang saham Capital One akan memiliki sekitar 60%  dari perusahaan gabungan tersebut, dan pemegang saham Discover akan memiliki sekitar 40%.

“Akuisisi perusahaan ini akan mempercepat pertumbuhan dan memaksimalkan nilai bagi pemegang saham kami, memungkinkan mereka untuk mendapat keuntungan luar biasa dari perusahaan gabungan ini,” kata CEO Discover Michael Rhodes.

Baca juga : IRRA Akuisisi 75% Saham KPM, Perkuat Visi Jadi Penyedia Alat Kesehatan Terdepan

Menurut Capital One, jika disetujui, kesepakatan tersebut diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. “Gabungan bisnis kartu kredit akan berada dalam posisi yang lebih kuat untuk menghadirkan produk dan pengalaman industri terkemuka yang menjangkau pasar kartu kredit di seluruh konsumen, usaha kecil, dan pedagang,” kata Capital One dalam pernyataannya.

Kedua perusahaan ini akan mengadakan konferensi pada Selasa pukul 8:00 pagi (1300 GMT) atau sekitar 21.00 WIB. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat