visitaaponce.com

Impor Beras Jutaan Ton di Awal Tahun Dianggap Tak Wajar

Impor Beras Jutaan Ton di Awal Tahun Dianggap Tak Wajar
Aktivitas bongkar muat beras impor dari kapal Thai Bin asal Vietnam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta(Dok. MI/Usman Iskandar)

PENGAMAT pertanian dari Center of Reform on Economic (Core) Eliza Mardian berpendapat ada yang tidak wajar dari langkah pemerintah yang mengimpor jutaan ton beras di awal tahun. Menurutnya, jika tujuan impor beras untuk menutupi kebutuhan dari kekurangan produksi dalam negeri, mestinya pembelian beras dari luar negeri dilakukan setelah panen raya yang diperkirakan terjadi pada akhir Maret hingga awal April mendatang.

"Betul, tidak wajar. Untuk apa impor jika sebentar lagi kita akan panen? Maret itu akan mulai panen. Distribusi berasnya kemana selama ini? Ini kan yang mesti ditelusuri," tegasnya saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (20/2).

Eliza menuding ada yang tidak beres dengan tata kelola perberasan nasional di tahun politik. Berdasarkan catatannya, stok beras nasional di awal tahun 2024 mencapai 6,71 juta ton. Dengan rata-rata kebutuhan konsumsi beras nasional sebesar 2,5 juta ton per bulan, stok awal beras nasional tersebut seharusnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga panen raya di bulan depan.

Baca juga : Awal 2024, RI Impor Beras 1 Juta Ton dari Thailand-Pakistan

Namun, akibat kebijakan pemerintah yang masif mengucurkan bantuan sosial (bansos) pangan menjelang pencoblosan Pemilu 2024, membuat stok cadangan beras pemerintah (CBP) kian menipis. Eliza mengendus ada permasalahan pada distribusi beras.

"Stok beras yang ada seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga masa panen raya. Namun, narasi yang beredar adalah kelangkaan, defisit," ungkapnya.

"Padahal kalau mengacu kepada data awal stok beras itu tidak demikian. Berarti, ada masalah dalam hal penyaluran. Tata kelola pangan kita karut marut, kian kronis, tapi belum juga dibenahi," tegas pengamat Core.

Baca juga : Pemerintah bakal Impor 2 Juta Ton Beras Tahun Ini

Eliza pun meminta kepada pemerintah untuk melakukan importasi beras dengan terukur. Pasalnya, dengan penambahan stok beras menjelang panen raya, dikhawatirkan menyebabkan harga gabah anjlok.

Dihubungi terpisah, Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa menyampaikan per Jumat (16/2), realisasi volume impor beras sebesar 326 ribu ton. Kemudian, sebanyak 670 ribuan ton lebih beras masih dalam pengiriman atau berada di kapal.

"Yang 670 ribuan ton beras itu akan sampai pada 23 Maret 2024. Jadi, ini masih bergerak terus," katanya saat dikonfirmasi Media Indonesia.

Baca juga : Harga Beras Melambung, Gagal Panen dan Pemilu jadi Pemicunya

Ketut menerangkan pemerintah telah memutuskan akan mengimpor 3,6 juta ton beras di tahun ini. Ia menyebut tujuan dibukanya keran impor beras di awal tahun untuk menekan harga beras, karena pasokan dalam negeri yang terbatas. Produksi beras pada Januari dan Februari diperkirakan menipis lantaran masa tanam padi yang mundur dari Oktober dan November 2023 ke Desember akibat El Nino.

Selain itu, keputusan importasi beras sebagai antisipasi untuk gagal panen di sejumlah wilayah Indonesia.

"Kita sulit memprediksi cuaca sekarang, kalau hujan deras dan angin kencang bisa gagal panen. Impor jalan terus, tapi ketika panen raya kita tahan dulu (impornya)," pungkasnya.

Baca juga : Kepala Bapanas Bantah Politisasi Bantuan Pangan

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat