visitaaponce.com

Awal 2024, RI Impor Beras 1 Juta Ton dari Thailand-Pakistan

Awal 2024, RI Impor Beras 1 Juta Ton dari Thailand-Pakistan
Aktivitas bongkar muat beras impor dari kapal Thai Bin asal Vietnam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.(Dok. MI/Usman Iskandar)

KEPALA Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan pemerintah tengah melakukan impor beras di awal tahun. Untuk tahap pertama, sebanyak satu juta ton beras akan masuk ke Indonesia dari berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan nasional. Jumlah tersebut, merupakan bagian dari keputusan pemerintah untuk mengimpor dua juta ton beras di tahun ini.

"Awal tahun ini (impor beras) satu juta ton dari Vietnam, Thailand dan Pakistan," ujar Arief saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (20/2).

Impor dua juta ton beras dilakukan lantaran Indonesia mengalami defisit beras hingga 2,83 juta ton pada Januari-Februari 2024 berdasarkan prediksi Badan Pusat Statistik (BPS). Jika dirinci, minus tersebut terdiri dari perhitungan di Januari 2024 yang mengalami defisit 1,61 juta ton dan 1,22 juta ton di Februari 2024. Sisa defisit beras akan dipenuhi dari dalam negeri.

Baca juga : Mengapa Harus Impor Beras? Ini Kata Bapanas

"Importasi yang kita lakukan terukur. Beras saat ini diisi kombinasi keduanya. Panen dalam negeri walau masih terbatas, dan dilengkapi dengan pengadaan luar negeri," jelas Kepala Bapanas.

Arif menegaskan pemerintah berupaya untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat. Meski, importasi dianggap merupakan alternatif pahit yang diambil pemerintah, namun mesti dilakukan karena kondisi produksi padi nasional menurun akibat dampak El Nino.

"Walaupun sangat pahit, importasi saat ini harus dijalankan. Mungkin tidak populer saya sampaikan, tetapi harus dikerjakan untuk pemenuhan kebutuhan saat ini," pungkasnya.

Baca juga : 27 Ribu Ton Beras Impor dari Vietnam Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat