visitaaponce.com

Qantas Laporkan Penurunan Laba, Namun Reputasi Bangkit di Bawah Kepemimpinan Baru

Qantas Laporkan Penurunan Laba, Namun Reputasi Bangkit di Bawah Kepemimpinan Baru
Qantas melaporkan penurunan laba bersih paruh tahun, namun menyatakan reputasinya telah "membaik" di bawah pimpinan baru.(AFP)

QANTAS melaporkan penurunan laba bersih paruh tahun pada Kamis, tetapi mengatakan reputasinya telah membaik di bawah pimpinan baru setelah mengalami tekanan sejak pandemi Covid-19.

Meskipun laba menurun, maskapai yang berusia 103 tahun itu mengatakan kepuasan pelanggan telah meningkat saat melaporkan hasil pertamanya di bawah kepemimpinan baru, Vanessa Hudson.

Pendahulunya, veteran Qantas Alan Joyce, pensiun lebih awal pada September ketika maskapai yang pernah disukai ini mendapat kritik berkepanjangan atas layanannya, kenaikan harga tiket yang signifikan, dan perlakuan terhadap staf.

Baca juga : Keuntungan Kuartal II United Airlines Naik Tiga Kali Lipat

"Kami tahu bahwa jutaan Australia mengandalkan kami dan kami mendengar umpan balik mereka dengan jelas," kata Hudson.

"Banyak pekerjaan yang sedang dilakukan untuk meningkatkan tingkat layanan kami, dan tanda-tanda awalnya sangat positif," kata CEO ini.

"Tingkat kepuasan pelanggan kami telah pulih dengan kuat sejak Desember dan kami memiliki lebih banyak perbaikan layanan dan produk dalam pipa," lanjutnya.

Baca juga : Nvidia Catat Laba US$12,3 Miliar Kuartalan Berkat Permintaan Chip AI

Qantas mengatakan laba bersihnya turun 13,2% tahun-ke-tahun menjadi AU$869 juta (US$570 juta) dalam enam bulan hingga 31 Desember.

Pendapatan naik 12,3% menjadi AU$11,1 miliar, demikian disampaikan.

Namun, biaya keseluruhan naik, terdorong sebagian oleh pengeluaran yang lebih tinggi untuk bahan bakar, operasi pesawat, dan gaji.

Baca juga : Smart Aviation Melangkah Maju dalam Penerbangan dan Modifikasi Cuaca di Indonesia

Qantas mengatakan permintaan perjalanan kuat, dipimpin oleh sektor rekreasi tetapi dengan perjalanan bisnis kini mendekati tingkat pra-Covid-19.

Tarif telah turun lebih dari 10% dari puncak akhir 2022.

Qantas mengatakan melihat "permintaan kuat" di seluruh bisnisnya.

Baca juga : Komisi VI Apresiasi Kinerja Apik BNI di Sepanjang 2023

Unit pendapatan diperkirakan akan tetap stabil dalam operasi domestik dan terus normalisasi untuk penerbangan internasional seiring dengan ekspansi kapasitas pasar, demikian disampaikan.

Kapasitas kursi dalam operasi internasional Qantas sekarang mencapai 90% dari tingkat pra-pandemi, kata maskapai ini, naik 25% dari tahun sebelumnya.

Sehari sebelum mengumumkan hasilnya, Qantas menunjuk eksekutif korporat John Mullen sebagai ketua dewan yang baru mulai 1 Juli.

Dia akan menggantikan Richard Goyder, yang mengundurkan diri karena tekanan dari pemegang saham yang mencari pembaharuan di dewan direksi maskapai tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat