visitaaponce.com

Presiden Jokowi bakal Resmikan Pabrik Bahan Peledak di Kaltim

Presiden Jokowi bakal Resmikan Pabrik Bahan Peledak di Kaltim
Presiden Joko Widodo(Antara)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pabrik bahan peledak milik PT Kaltim Amonium Nitrate (KAN) di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (29/2).

"Presiden Jokowi akan lebih dulu meresmikan terminal Samarinda. Setelah itu, presiden langsung menuju lokasi pabrik," ujar Komandan Komando Distrik Militer 0908 Bontang Aryo Bagus Daryanto mengabarkan di Bontang, Kaltim, Senin (26/2).

Dia menyebutkan, PT KAN telah membangun pabrik bahan peledak yang modern dan ramah lingkungan. Ia berharap pabrik ini dapat mendukung kegiatan pertambangan di wilayah Kalimantan Timur.

Baca juga : Pupuk Kaltim Resmikan Pabrik Bahan Baku Peledak di Bontang Bulan Depan

Usai meresmikan pabrik, lanjutnya, Presiden Jokowi dijadwalkan makan siang di sebuah rumah makan di Bontang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Penajam Paser Utara, lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Pihak TNI dan Polri telah mempersiapkan pengamanan kedatangan kepala negara, mulai dari sterilisasi kawasan yang akan dikunjungi, hingga teknis pengawalan perjalanan presiden selama di Bontang.

PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) adalah perusahaan industri kimia yang berdiri sejak 2003 sebagai hasil kerjasama antara PT Pupuk Kaltimantan Timur dan PT Dahana.

Pabrik yang akan diresmikan itu didukung teknologi tinggi yang aman dan ramah lingkungan dengan standar operasional pabrik kelas dunia berlisensi Sedin-Hallifeng. Kehadiran pabrik amonium diharapkan bisa mengurangi volume impor dengan mengoptimalkan fungsi amonium nitrat di berbagai sektor. Tentunya, strategi ini juga sejalan dengan target pemerintah untuk membangun Indonesia yang lebih mandiri energi dan industrinya.

Pabrik tersebut diproyeksikan mampu memproduksi sekitar 75 ribu ton bahan peledak setiap tahun.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat