visitaaponce.com

Kebakaran di Gudang Peluru Ciangsana karena Amunisi yang Kedaluarsa

Kebakaran di Gudang Peluru Ciangsana karena Amunisi yang Kedaluarsa
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan (tengah).(DOK METRO TV)

PANGLIMA Komando Daerah Militer Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan mengungkap penyebab ledakan dan kebakaran gudang amunisi daerah Paldam Jaya di Ciangsana, Kabupaten Bogor pada Sabtu (30/3). Dari hasil analisis pihaknya, kebakaran disebabkan karena amunisi yang sudah kedaluarsa dan dikembalikan dari satuan yang sudah tidak memakai amunisi tersebut.

"Kami sudah membuat surat untuk penghapusan sebenarnya dari awal tahun kemarin, tapi karena ini berproses, kita kumpulkan dulu, kita rapikan satu per satu. Sehingga ini kemungkinan karena bahan peledak kan bahan kimia yang kemungkinan sangat labil," ujar Hasan.

Menurut Hasan, tidak ada sistem kelistrikan dalam gudang tersebut. Sehingga, korsleting dinilai bukan menjadi penyebab utama ledakan dan kebakaran yang terjadi pada 18.30 WIB itu. Adapun untuk usia amunisi yang kedaluarsa, pihaknya belum dapat memastikan.

"Tapi kalau sudah kita kategorikan sebagai kedaluarsa, dan pengembalian dari satuan yang tidak memakai lagi, itu usianya mungkin sudah di atas 10 tahun," terangnya.

Hasan menyebut, gudang yang meledak adalah gudang nomor 6 dari 15 gudang yang ada. Gudang tersebut menyimpan 160 ribu amunisi dan bahan peledak. Ia memastikan, sampai 1 km dari lokasi gudang ke arah pemukiman warga, tidak ada korban jiwa. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat