visitaaponce.com

Harga Beras dan Pangan Lainnya masih Tinggi, Jokowi Nanti Saya Cek ke Lapangan

Harga Beras dan Pangan Lainnya masih Tinggi, Jokowi: Nanti Saya Cek ke Lapangan
Ilustrasi(Antara)

Presiden Joko Widodo memastikan bakal meninjau harga pangan di pasar. Peninjauan akan dilakukan setelah ia menerima laporan terkait meningkatnya sejumlah harga pangan pokok.

"Nanti secara detail saya lihat di lapangan," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3).

Ia mengatakan salah satu penyebab utama kenaikan harga pangan saat ini adalah momentum Ramadan. Menurutnya, itu selalu terjadi setiap tahun. Namun, ia memastikan pemerintah telah menyiapkan strategi untuk menekan harga.

Baca juga : Jelang Ramadan, Pemprov DKI Diminta Waspadai Lonjakan Harga Pangan

"Persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok, itu menjadi sangat penting," ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Jokowi secara khusus menyebut harga beras sudah mulai menurun di beberapa wilayah. Klaim itu didasari pada data harga di Pasar Induk Beras Cipinang, DKI Jakarta, dan Pasar Johar di Karawang, Jawa Barat.

Ia meyakini kondisi itu akan terus membaik sejalan terjadinya panen raya padi pada Maret dan April mendatang.

Baca juga : Presiden Klaim Semua Harga Bahan Pangan Turun, kecuali Beras

"Panen raya segera mungkin dalam satu bulan ke depan akan terjadi. Saya kira harga itu akan turun banyak," tandasnya.

Berbeda dengan klaim Jokowi, harga beras masih mengalami kenaikan. Di Pasar Kramat Jati, DKI Jakarta, harga beras medium mencapai Rp13 ribu per liter. Sementara beras premium masih di harga Rp14 ribu per liter. Di Pasar Enjo Cipinang, harga beras di kisaran Rp14 ribu-Rp17 ribu per liter.

Untuk bahan pangan lainnya, telur dibanderol dengan harga Rp31 ribu per kilogramnya, naik dari biasanya di kisaran harga Rp28 ribu per kilogram. Sementara cabai merah mencapai Rp125 ribu per kilogram dan cabai merah keriting serta cabai rawit dibanderol dengan harga Rp90 ribu per kilogram. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat