visitaaponce.com

Venezuela Catat Penurunan Inflasi Bulanan Pertama dalam 17 Tahun

Venezuela Catat Penurunan Inflasi Bulanan Pertama dalam 17 Tahun
Seorang wanita menghitung uang Bolivar di pasar jalanan di komunitas Jose Felix Ribas di lingkungan Petare di Caracas pada 5 November 2022.(AFP/Federico Parra)

HARGA konsumen di Venezuela turun sedikit pada Februari. Ini menjadi penurunan bulanan pertama dalam setidaknya 17 tahun. Ini disampaikan observatorium nonpemerintah OVF pada Rabu (6/3).

Harga turun 0,5 persen dari bulan Januari hingga Februari, menurut OVF, otoritas keuangan publik di negara yang statistik resminya sangat sedikit.

Namun, inflasi tahunan negara itu tetap berada pada salah satu tingkat tertinggi di dunia sebesar 85%. OVF mengatakan penurunan konsumsi menjadi salah satu alasan utama tren penurunan bulanan di Venezuela yang telah lama berjuang melawan hiperinflasi dan berada di tengah krisis ekonomi akut yang memicu emigrasi massal.

Baca juga : Kepercayaan Konsumen AS Capai Level Tertinggi sejak Desember 2021

Harga pangan, khususnya, turun 3,1% di Februari karena banyak toko memotong harga dalam upaya merangsang penjualan. Faktor lain ialah sedikit apresiasi bolivar Venezuela terhadap dolar AS, suntikan mata uang asing ke dalam perekonomian oleh bank sentral BCV, dan penurunan pencetakan uang.

Tidak ada data inflasi di situs BCV sebelum 2007. 

Venezuela akan mengadakan pemungutan suara untuk pemilihan presiden pada 28 Juli. Petahana Nicolas Maduro diperkirakan mencalonkan diri kembali dan penantang utamanya dari oposisi akan didiskualifikasi dari pencalonannya.

Negara tersebut telah mengalami pelonggaran beberapa sanksi Amerika Serikat (AS) setelah pemerintah dan oposisi sepakat dalam negosiasi di Barbados tahun lalu untuk mengadakan pemilu pada 2024. Hal ini memungkinkan Chevron yang berbasis di AS untuk melanjutkan ekstraksi minyak mentah secara terbatas di negara Amerika Selatan yang kaya minyak itu sebagai bagian dari upaya menekan harga minyak global. Di sisi lain, negara-negara Barat menerapkan sanksi terhadap Rusia atas perangnya terhadap Ukraina.

Namun berlanjutnya diskualifikasi pemenang pemilihan pendahuluan dari pihak oposisi, Maria Corina Machado, menyebabkan kembalinya sejumlah tindakan hukuman terhadap pemerintah Maduro. (AFP/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat