visitaaponce.com

Kepercayaan Konsumen AS Capai Level Tertinggi sejak Desember 2021

Kepercayaan Konsumen AS Capai Level Tertinggi sejak Desember 2021
Orang-orang berbelanja di supermarket di wilayah Manhattan, New York pada 27 Januari 2024.(AFP/Charly Triballeau.)

KEPERCAYAAN konsumen Amerika Serikat (AS) mengalahkan ekspektasi pada Januari dan mencapai level tertinggi sejak Desember 2021. Masyarakat Negeri Paman Sam itu lebih optimistis dibandingkan sebelumnya sejak Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga.

The Fed menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 23 tahun untuk mengendalikan inflasi dan mengembalikannya ke target jangka panjang sebesar dua persen. Ini mendorong kenaikan biaya pinjaman di seluruh negeri.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, muncul harapan bahwa The Fed akan segera mulai menurunkan suku bunganya, yang kemungkinan membantu meningkatkan kepercayaan terhadap perekonomian AS. Indeks keyakinan konsumen melonjak menjadi 114,8 pada Januari, menandai kenaikan bulan ketiga berturut-turut, Conference Board mengumumkan dalam suatupernyataan.

Baca juga : Investasi Naik, Ekonomi Amerika Serikat Kuartal III Tumbuh 5,2%

Angka ini sedikit di atas ekspektasi pasar, menurut analisis Briefing.com, dan berdasarkan angka revisi Desember sebesar 108,0. Kenaikan pada Januari, "Kemungkinan mencerminkan inflasi yang lebih lambat, antisipasi suku bunga yang lebih rendah di masa depan, dan kondisi ketenagakerjaan yang secara umum menguntungkan karena perusahaan terus menimbun tenaga kerja," kata kepala ekonom Conference Board Dana Peterson dalam suatu pernyataan.

Kekhawatiran konsumen terhadap tingkat kenaikan harga turun ke level terendah dalam tiga tahun terakhir. "Di bawah agenda pertumbuhan Presiden Biden, sentimen konsumen mulai berubah," kata Penasihat Ekonomi Nasional Presiden Joe Biden Lael Brainard dalam suatu pernyataan.

Dia menambahkan bahwa peningkatan sentimen konsumen mencerminkan, "Peningkatan kekayaan, upah, dan lapangan kerja dibandingkan sebelum pandemi, dan penurunan inflasi." 

Baca juga : Pejabat The Fed Perkirakan Suku Bunga Perlu Naik Lagi

Biden telah berbicara mengenai perekonomian saat ia berupaya untuk terpilih kembali tahun ini dalam pertandingan ulang yang kemungkinan mempertemukannya dengan mantan presiden, Donald Trump. Sementara itu, tim kampanye Trump berupaya menggunakan ketidakpuasan atas dampak tingkat inflasi yang tinggi dalam sejarah untuk menyerang Biden atas cara dia menangani perekonomian AS. 

Peningkatan kepercayaan konsumen, "Terlihat di semua kelompok umur. Namun yang terbesar terjadi pada konsumen berusia 55 tahun ke atas," kata Peterson dari Conference Board, seraya menambahkan bahwa kepercayaan meningkat di hampir semua kelompok pendapatan.

Satu-satunya rumah tangga yang mencatat sedikit penurunan kepercayaan diri ialah mereka yang berpenghasilan lebih dari US$125.000. (AFP/Z-2)

Baca juga : The Fed Naikkan Suku Bunga ke Level Tertinggi. Prediksi Nilai Tukar Rupiah?

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat