visitaaponce.com

Perusahaan Dukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Sertifikasi B Corp

Perusahaan Dukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Sertifikasi B Corp
Puluhan perusahaan dalam B Corp Community Indonesia mendukung target pembangunan berkelanjutan.(Dokpri)

KOMITMEN mewujudkan bisnis yang tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi tetapi juga dapat menghadirkan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sudah semakin berkembang. Puluhan perusahaan yang tergabung dalam B Corp (B Corporation) Community Indonesia menegaskan komitmen mendukung target pembangunan berkelanjutan sekaligus membangun bisnis yang dapat menghadirkan dampak positif bagi sosial dan lingkungan berkelanjutan dari aktivitas bisnis yang dijalankan.  

Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Rosy Wediawaty mengatakan pihaknya melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian SDGs. Sertifikasi B Corp juga meningkatkan persaingan lebih tinggi di pasar global yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan juga pemerintah. "Misalnya dengan meningkatkan daya saing ekspor dan peningkatan kualitas produk Indonesia melalui operasional bisnis yang bertanggung jawab. Sertifikasi B Corp menjadi salah satu bukti nyata komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan dan mewujudkan target Sustainable Development Goals (SDGs) dengan memberikan dampak terhadap aspek lingkungan, pemerintahan, pekerja, konsumen, dan komunitas," papar Rosy dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3).

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menambahkan pihaknya berharap para pelaku di industri pariwisata, restoran, hotel, pusat kerajinan, oleh-oleh, kain daerah, bahkan transportasi dapat terlibat secara aktif dalam B Corp Movement. Ia melihat industri pariwisata sangat berhubungan erat dengan alam secara langsung. Karenanya, ia sangat mendorong para pelaku industri dapat memiliki standar operasi yang tidak hanya mementingkan bisnis, tetapi juga memikirkan dampak lingkungan dan sosial dari bisnis yang dijalankan. 

Baca juga : Meorient Segera Gelar Tiga Pameran Internasional di Kemayoran

Hal tersebut juga sejalan dengan visi yang dibawa oleh B Corp Community Indonesia guna mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadikan bisnis sebagai kekuatan utama untuk menghadirkan kebaikan sekaligus menjadi wadah bagi bisnis untuk membawa ke perubahan yang lebih positif. "Selama pandemi, banyak perusahaan mulai menyadari pentingnya berkelanjutan, praktik bisnis yang baik, dan keuntungan bukanlah satu-satunya motivasi dalam berbisnis. Salah satu aspek terpenting dari standar baru kami ialah perusahaan tidak lagi memilah bidang yang ingin mereka perkuat, tetapi kami mencoba membantu perusahaan untuk menghadapi setiap tantangan untuk bisa terus berkembang," jelas Isik Oguzretem, Director, Process and External Verification B Lab Global. 

B Corp Community Indonesia merupakan komunitas perusahaan yang telah atau akan melakukan sertifikasi B Corp. Ini yang merupakan sertifikasi global bagi organisasi atau perusahaan yang memiliki standar tinggi dalam menjalankan usahanya baik dari aspek sosial, lingkungan, dan ketenagakerjaan, serta telah menerapkan transparansi publik dan memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial. Sertifikasi B Corp dikeluarkan oleh B Lab, organisasi nirlaba global dari Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah lebih dari 8.250 perusahaan berhasil mendapatkan sertifikasi ini di seluruh dunia. 

Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 96 negara dan bergerak di 162 bidang industri yang berbeda. Komunitas B Corp telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Jumlah komunitas B Corp di ASEAN meningkat dua kali lipat dari 27 perusahaan di 2022 menjadi 51 di 2023. Di Indonesia sendiri, sudah terdapat 23 perusahaan yang tersertifikasi B Corp seperti Danone Indonesia, PT DCI Indonesia, SukkhaCitta, Jejakin ,serta Potato Head. 

Sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang mengantongi sertifikasi B Corp sejak 2018, CEO Danone Indonesia Laurent Boissier mengatakan B Corp mendorong Danone Indonesia dan Aqua untuk melakukan berbagai inisiatif terkait tata kelola perusahaan, transparansi, berkelanjutan, dan kesejahteraan karyawan. Hal tersebut juga sejalan dengan peta jalan keberlanjutan kami Danone Impact Journey untuk dapat berkontribusi dan mehadirkan dampak positif di tiga area utama, yaitu kesehatan, lingkungan, serta karyawan dan masyarakat. Bersama 13,000 karyawan di Indonesia, kami memegang visi besar untuk dapat membangun masa depan Indonesia yang lebih sehat dengan tetap bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan." (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat