visitaaponce.com

Harga Minyak 1,9 ke Level Tertinggi dalam 4 Bulan

Harga Minyak +1,9% ke Level Tertinggi dalam 4 Bulan
Harga minyak WTI naik +1,9% ke level US$82,6 pada perdagangan hari Senin (18/3) malam, menandai level tertingginya dalam 4 bulan terakhir.(AFP)

HARGA minyak WTI naik +1,9% ke level US$82,6 pada perdagangan hari Senin (18/3) malam, menandai level tertingginya dalam 4 bulan terakhir atau sejak 3 November 2023.

Investment Analyst Stockbit Hendriko Gani memandang potensi peningkatan permintaan, serta turunnya ekspor minyak dari negara-negara produsen besar, berpotensi mendorong harga minyak untuk bergerak lebih tinggi.

"Hal ini dapat menguntungkan emiten produsen migas seperti Medco Energi Internasional (MEDC) dan Energi Mega Persada (ENRG) dari terjaganya harga jual rata-rata," kata Hendriko, Selasa (19/3).

Baca juga : OPEC+ Naikkan Produksi Minyak secara Moderat meskipun Ditekan Barat

Selain itu, stabilnya harga minyak di level yang cukup tinggi akan mendorong produsen meningkatkan investasi di sektor hulu migas. Hal ini akan menguntungkan emiten jasa migas seperti Elnusa (ELSA), Wintermar Offshore Marine (WINS), dan Logindo Samudramakmur (LEAD) dari peningkatan orderbook dan rata-rata harga jual.

Dari sisi supply, Irak sebagai produsen kedua terbesar OPEC mengatakan akan mengurangi ekspor minyak sebanyak 3,3 juta barel per hari (bpd) dalam beberapa bulan ke depan.

Langkah tersebut ditujukan untuk mengkompensasi kelebihan produksi dari kuota yang ditetapkan oleh OPEC+ pada Januari 2024.

Sementara itu, Arab Saudi, yang merupakan produsen terbesar OPEC, mencatatkan penurunan ekspor pada Januari 2024, menandai penurunan dalam dua bulan beruntun.

Di sisi lain, permintaan dari Tiongkok dan AS menunjukan tanda-tanda pertumbuhan. Ekonomi AS yang lebih kuat dari ekspektasi, serta rilis data output pabrik dan penjualan ritel Tiongkok pada periode Januari - Februari 2024 yang melampaui ekspektasi, berpotensi mendorong permintaan minyak mentah lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat