visitaaponce.com

Posisi Rupiah Menguat Setelah Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Posisi Rupiah Menguat Setelah Pengumuman Hasil Pemilu 2024
Rupiah menguat setelah pengumuman hasil Pemilu 2024(MI /Adam Dwi)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat pada pagi Kamis setelah pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengenai hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, terutama terkait pasangan presiden dan wakil presiden terpilih. Saat pembukaan perdagangan, rupiah naik 55 poin atau 0,35% menjadi Rp15.668 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.723 per dolar AS.

Analis Finex Brahmantya Himawan menyatakan, "Dari dalam negeri, ini berkaitan erat dengan hasil akhir KPU yang memenangkan pasangan Prabowo-Gibran."

KPU RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada Rabu (20/3).

Baca juga : Bank Indonesia: Pelemahan Rupiah karena Faktor Eksternal

Pasar memperkirakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih akan melanjutkan kebijakan pro-pertumbuhan ekonomi dan berkelanjutan dari Presiden RI Joko Widodo, yang menjadi sentimen positif bagi rupiah ke depan.

Pelantikan pasangan calon terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dijadwalkan pada 20 Oktober 2024, sementara pelantikan calon terpilih anggota DPR RI dan DPD RI dijadwalkan pada 1 Oktober 2024.

Rupiah juga menguat karena keputusan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, untuk menahan suku bunga acuan atau Fed Funds Rate (FFR) di kisaran 5,25 hingga 5,55%. Keputusan tersebut dianggap dovish, memperkuat ekspektasi pasar bahwa suku bunga acuan FFR dapat diturunkan tiga kali pada 2024, memberikan sentimen positif bagi rupiah terhadap dolar AS.

Keluarnya bank sentral Jepang, Bank of Japan, dari suku bunga negatif juga memberikan optimisme bagi Indonesia karena Jepang merupakan mitra dagang penting. Kenaikan gaji di Jepang diharapkan dapat mendorong konsumsi yang lebih besar dan meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Jepang, serta mempengaruhi arus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Jepang.

Brahmantya memperkirakan bahwa rupiah memiliki batas atas di Rp15.700 per dolar AS dan batas bawah di Rp15.570 per dolar AS pada Kamis ini.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat