visitaaponce.com

Ini Dampak Pelemahan Rupiah terhadap Sektor Industri

Ini Dampak Pelemahan Rupiah terhadap Sektor Industri
Ilustrasi rupiah.(ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA)

BAHAN baku yang diimpor oleh sektor industri Indonesia mencapai sekitar 70%. Angka ini jelas cukup tinggi, sehingga membuat industri Indonesia sangat bergantung pada impor.

Pengamat ekonomi Yanuar Rizky menilai ketergantungan bahan baku impor tersebut akan berdampak buruk bagi ekonomi Indonesia bila rupiah terus melemah. Mulai dari harga produk industri yang bakal naik hingga potensi PHK karyawan untuk menyelamatkan perusahaan.

"Ya, harga bahan baku yang jadi komponen utama di harga pokok produk (HPP) akan naik signifikan. Kalau produksi, dengan melemahnya daya beli barang konsumsi, maka menaikan harga jual juga terbatas," ujarnya kepada Media Indonesia, Minggu (30/6).

Baca juga : Rupiah Terpuruk, Impor Minyak RI Semakin Tertekan

Menurutnya, industri akan sulit untuk mendapat keuntungan bila tidak menaikan harga jual. Namun, bila harga jual naik, maka daya beli masyarakat pun akan berkurang.

"Margin untung enggak ada, ya akan berpengaruh dalam PHK pada akhirnya, karena mengurangi atau berhenti produksi dari pada rugi ngak bisa jual," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengingatkan sektor industri untuk terus waspada dengan pelemahan rupiah. Sebab, kata dia, hingga sejauh ini industri masih menahan kenaikan harga jual.

"Yang harus diwaspadai volatiltas rupiah dan pelemahan rupiah yang berlebihan. Pelaku sektor riil kebanyakan masih menahan kenaikan harga jual akibat pelemahan rupiah. Tapi kalau terus melemah dalam waktu singkat tentu karena bahan baku banyak impor sekitar 70% dari total impor adalah baham baku, tentu akan ada penyesuaian harga," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat