visitaaponce.com

CEO Freeport Jelaskan Urgensi Perpanjangan Izin Ekspor Konsentrat

CEO Freeport Jelaskan Urgensi Perpanjangan Izin Ekspor Konsentrat
Ilustrasi sejumlah truk beroperasi di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia.(Antara/Mohamad Adimaja )

PEMERINTAH melalui Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) memberikan perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) sampai dengan Mei 2024. Namun, izin itu diperpanjang hingga Desember 2024.

Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PT FI) Tony Wenas menjelaskan urgensi perpanjangan ekspor tersebut. Tony menyebut negara berpotensi kehilangan pendapatan hingga US$2 miliar apabila ekspor konsentrat tembaga dihentikan, selama Juni hingga Desember 2024.

"Ya kan kalau kita enggak bisa ekspor, penerimaan negara juga akan berkurang kira-kira US$2 miliar dengan harga sekarang," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/3).

Baca juga : Sejumlah UMKM Binaan Mind Id Raih Kesuksesan Hingga Kancah Internasional

Tony Wenas hadir bersama CEO Freeport McMoran Inc Richard Adkerson dan Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia Kathleen Quirk bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pertemuan itu membahas progres pembangunan smelter milik PT Freeport Indonesia di Kawasan Industri Java JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Tony menuturkan perkembangan terkini dari pertambangan dan hilirisasi serta progres pembangunan smelter di Gresik telah mencapai lebih dari 92%. Proyek tersebut diperkirakan selesai pada Mei 2024.

"Dengan harapan bisa selesai Mei dan segera beroperasi pada Juni tahun ini dan nanti berproduksi penuh di tahun ini," paparnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat