visitaaponce.com

Airlangga Pemerintah Tetap Andalkan Modal Asing untuk Ekonomi Indonesia

Airlangga: Pemerintah Tetap Andalkan Modal Asing untuk Ekonomi Indonesia
MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.(Dok. AFP)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, Indonesia akan tetap mengandalkan penanaman modal asing (PMA) sebagai mesin pertumbuhan investasi di Tanah Air. Itu diharapkan dapat mendongkrak kinerja pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.

"Dalam 10 tahun terakhir, investasi menjadi salah satu pendorong kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah tetap mengandalkan penanaman modal asing," ujarnya di sela-sela penyelenggaraan Indonesia-Singapore Business Forum 2024 di Singapura seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (28/3).

Airlangga menambahkan, peluang investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia juga terbuka cukup lebar untuk dimanfaatkan penanam modal. Pemerintah Indonesia, sebutnya, akan terus mendorong pengembangan KEK di berbagai wilayah.

Baca juga : Pemerintah Optimistis Target Investasi Rp1.650 Triliun Tercapai

Salah satu KEK yang menurut Airlangga cocok untuk investor Singapura ialah KEK di Bali. "Di wilayah Sanur, terdapat hotel yang dikonversikan menjadi rumah sakit atau klinik kesehatan. Sementara di KEK Kura Kura terdapat peluang investasi di bidang pendidikan dan pariwisata," tuturnya.

Lebih lanjut, Airlangga juga menggarisbawahi perlunya terus mengembangkan industri padat karya di samping industri padat modal, seperti industri tekstil dan fesyen.

Selanjutnya, menjawab pertanyaan terkait sistem perpajakan dalam kabinet baru, Airlangga memberikan ilustrasi tentang gagasan pembentukan lembaga perpajakan yang terpisah dengan Kementerian Keuangan.

"Saat ini otoritas perpajakan berada pada Direktorat Jenderal di bawah Kementerian Keuangan. Otoritas Perpajakan dapat saja terpisah menjadi lembaga tersendiri yang berada langsung di bawah presiden, untuk menyeimbangkan checks and balances," pungkas dia.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat