visitaaponce.com

Tersedia 1.124 SPKLU untuk Pemudik dengan Kendaraan Listrik

Tersedia 1.124 SPKLU untuk Pemudik dengan Kendaraan Listrik
Pemudik mengisi daya mobil listrik di SPKLU di Rest Area KM 130A Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat.(Antara/Aditya Pradana Putra)

PT PLN memastikan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan selama masa mudik Lebaran 1445 H. Sebanyak 1.124 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) disediakan di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo menegaskan komitmennya untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Di masa mudik Lebaran tahun ini pun, kata dia, PLN bersama para mitra akan menambah unit SPKLU untuk melayani para pemudik

"PLN bersama mitra telah menyiapkan 1.124 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia. Di jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 SPKLU," ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/3).

Baca juga :  Utomodeck Group dan Haleyora Kolaborasi Kembangkan Infrastruktur Energi Bersih

Darmawan menjelaskan PLN telah menempatkan SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua. Di tol Trans Sumatra-Jawa tersedia 168 SPKLU.

Ia mengaku pihaknya telah memetakan sebaran SPKLU secara cermat. Misalnya di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar-SPKLU sekitar 23 kilometer (km). "Jarak ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendararaan lisrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," kata Darmawan.

Selama masa siaga mudik Lebaran, sebanyak 3.504 pegawai dikerahkan untuk berjaga selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar. Bahkan, PLN juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

Selain SPKLU, PLN bersama mitra juga menyiapkan 1.839 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua di seluruh Indonesia yang telah tersedia. PLN juga menyiagakan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik. Untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU tersebut pelanggan bisa mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat