visitaaponce.com

Erick Thohir Bawa BUMN Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional

Erick Thohir Bawa BUMN Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional
MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir(Ist)

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai sanggup membawa perusahaan pelat merah memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional.

Berkat  pendekatan kekeluargaan, kontribusi BUMN kini tidak hanya sekadar memberikan sumbangan dividen, tetapi juga turut memperluas dan memeratakan pembangunan.

Peneliti Senior Maarif Institute, Endang Tirtana mengatakan, BUMN di bawah asuhan Erick Thohir kini berhasil mencatatkan sejarah baru.

Baca juga : Gandeng Muhammadiyah, Erick Thohir Dorong Program Kemandirian Umat

Pada 2023, BUMN menyumbangkan dividen sebesar Rp82,1 triliun. Ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

“Setelah sempat tergerus karena pandemi Covid, Erick Thohir menunjukkan kepiawaian. Pada tahun 2022, setoran dividen BUMN hanya Rp40,6 triliun. Dan dalam satu tahun melesat menjadi Rp82,1 triliun. Sehingga bukan hal mustahil target 2024 sebesar Rp85 triliun akan tercapai,” katanya lewat keterangan yang diterima, Sabtu (14/4).

Menurut Endang, capaian ini bisa diraih karena keberhasilan Erick Thohir untuk merangkul semua karyawan BUMN. Ini terlihat dari pemilihan tema untuk HUT BUMN ke-26, ‘BUMN adalah keluarga: Merayakan dengan kehangatan’. 

Baca juga : Hadiri Silaturahmi AKbar Muslimat NU, Erick Tegaskan BUMN akan Bangkirkan Potensi Ekonomi Rakyat dan Umat

Untuk mejaga semanga lt dan kreativitas, Endang menjelaskan, Erick Thohir konsisten menjalankan program bersih-bersih BUMN. 

Iia melihat, program tersebut merupakan salah satu upaya untuk membuat tata kelola BUMN menjadi lebih baik dan profesional.

“Mulai dari kasus Jiwasraya, Asabri, Dapen BUMN, Garuda Indonesia, BUMN Karya hingga yang terbaru korupsi PT Timah yang disebut memiliki kerugian ekologis yang disebabkan atas korupsi itu mencapai Rp271 triliun. Ini bukti keseriusan Erick Thohir dalam pemberantasan korupsi,” tegasnya.

Selain itu, dia menerangkan, BUMN juga turut berpartisipasi memperluas dan memeratakan pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

“BUMN Infrastruktur menjadi pilar ekonomi negara membuka pengembangan perintisan investasi infrastruktur. Ini memperkuat peran BUMN dalam menarik investasi swasta dengan memperluas pembangunan infrastruktur. Ini sejalan dengan Nawacita," pungkasnya. (RO/Nov)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat