visitaaponce.com

Banyak Potensi Sumber Energi Terbarukan untuk Dimanfaatkan

Banyak Potensi Sumber Energi Terbarukan untuk Dimanfaatkan
Ilustrasi.(Freepik)

TRANSISI energi merupakan proses yang tidak mudah dan tidak dapat langsung 100% dilakukan. Banyak potensi sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan. 

"Sebagai contoh, pemanfaatan amonia sebagai sumber energi yang lebih dense dibanding hidrogen," kata Lucretia Loescher, COO of thyssenkrupp Uhde GmbH, dalam Business Forum di Hannover Messe 2024, Jerman, pada 22 April 2024, yang digelar Energy Academy Indonesia (Ecadin) berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian RI dan Pertamina. Selain itu, Indonesia merupakan negara agrikultur. Masih banyak jumlah buangan agrikultur yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, seperti biometan. 

VP Software Strategy Schneider Electric, Zoya Alexeeva, menekankan pentingnya menciptakan perjalanan digital twins yang komprehensif untuk diri sendiri dan pelanggan. "Digitalisasi menghubungkan elektrifikasi, otomatisasi, dan dekarbonisasi. Dekarbonisasi benar-benar merupakan tantangan energi, mengingat 80% emisi karbon global berasal dari produksi dan konsumsi energi," ujar Zoya. 

Baca juga : Pertamina NRE, Keppel Infrastructure, Chevron Eksplorasi Proyek Hidrogen Hijau

Di sisi lain, President Director of PT Pertamina, Nicke Widyawati, ingin mengintegrasikan minyak dan gas serta energi terbarukan dalam sistem bisnisnya sebagai komitmen ketahanan energi nasional. "Pertamina menerapkan dual growth strategy, yakni perusahaan memperkuat legacy business (memaksimalkan upstream dan meningkatkan refinery) dan secara bersamaan membangun ekosistem low carbon business," ujar Nicke.

Penguatan infrastruktur dan peningkatan membuka peluang pemanfaatan energi terbarukan lain, termasuk geotermal, menjadi prioritas Pertamina saat ini. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan pasar energi, baik lokal maupun internasional.

Business Forum itu menjadi platform bagi para pemangku kepentingan industri untuk bertukar ide dan pengalaman serta menjalin kolaborasi dalam mengembangkan solusi industri cerdas dan berkelanjutan. Hannover Messe 2024 menghadirkan berbagai peluang bagi Indonesia untuk memperkenalkan potensinya di bidang industri cerdas dan berkelanjutan. Diharapkan, melalui forum ini, Indonesia dapat meningkatkan daya saingnya di kancah internasional dan berkontribusi dalam mewujudkan industri global yang lebih cerdas, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. (RO/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat