visitaaponce.com

Tiongkok Temukan Metode Baru Daur Ulang Plastik Polietilena

Tiongkok Temukan Metode Baru Daur Ulang Plastik Polietilena
Sampah plastik(Pexels)

TIM peneliti dari Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tiongkok menemukan proses daur ulang plastik polietilena, satu dari lima jenis plastik yang paling umum, bersifat sangat stabil dan tidak mudah terurai.

Para ilmuwan mengaku menggunakan teknologi daur ulang yang sudah ada, namun menghasilkan produk sampingan yang bermanfaat.

Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan kemiripan antara polietilena dan minyak, baik dari segi struktur kimia maupun komposisinya, tim tersebut meminjam teknologi dari industri minyak untuk merancang metode barunya.

Tim tersebut merancang strategi "pernapasan hidrogen," menggunakan katalis untuk memecah struktur kimiawi limbah plastik dan menyusunnya kembali, membentuk hidrokarbon berbentuk cincin yang bernilai tinggi. Selanjutnya, material tersebut dapat digunakan sebagai bahan baku untuk sintesis obat-obatan, pewarna, resin, dan serat.

Han Buxing, seorang akademisi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, mengatakan bahwa penelitian tersebut menggunakan polutan lingkungan seperti plastik polietilena yang sudah tidak digunakan untuk menyiapkan produk kimia berbasis minyak bumi, menyediakan sebuah metode baru untuk "siklus karbon artifisial" dari limbah plastik.  (Xinhua/Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat