visitaaponce.com

Said Iqbal Minta Pemerintah Baru Perhatikan Buruh

Said Iqbal Minta Pemerintah Baru Perhatikan Buruh
Massa buruh berdemonstrasi memperingati Hari Buruh Internasional di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (01/05).(MI/USMAN ISKANDAR)

PRESIDEN Partai Buruh Said Iqbal menerima kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Namun, dia meminta pemerintahan di bawah tangan Prabowo memperhatikan para buruh.

"Kami berharap pada pemerintah, termasuk pemerintahan yang terpilih ke depan bisa memperhatikan cluster ketenagakerjaan," kata Said saat hadir di perayaan hari buruh internasional atau may day di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (1/5).

Said mengaku setuju atas kinerja Presiden Joko Widodo yang meningkatkan investasi ke Tanah Air. Begitu pula usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang sudah maju. Namun, dia menilai belum ada keseimbangan soal hak-hak buruh.

Baca juga : Kapolri: Buruh Adalah Motor Penggerak Pembangunan Indonesia

"Di mana hak-hak buruh, kesejahteraan buruh tetap harus jadi prioritas, penyeimbang bagi pemerintah. Tentu kami berkepentingan utnuk menyampaikan itu di perayaaan May Day," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu.

Said melanjutkan dia berharap ke depannya outsourcing tidak lagi masif dan upah tidak di bawah inflasi. Menurut dia, saat ini inflasi 2,8 persen namun kenaikan upah hanya 1,58 persen.

"Terjadi upah yang di bawah rata-rata, daya beli hasil penelitian daripada KSPI turun 30 persen, pertembuhan ekonomi naik 5,2 persen. Tapi sayangnya buruh tidak menikmati pertumbuhan ekonomi itu," terang dia.

Hal itu dinilai tidak adil bagi buruh. Maka itu, dia meminta keseimbangan kepada pemerintahan Jokowi dan pemerintahan baru nanti. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat