visitaaponce.com

MMP-PT PP Berkolaborasi Bangun Pelabuhan untuk Hilirisasi Nikel

MMP-PT PP Berkolaborasi Bangun Pelabuhan untuk Hilirisasi Nikel
Seremoni serah terima penyelesaian pembangunan pelabuhan yang bertajuk MMP Port Handover.(Dok PT MMT)

PT Mitra Murni Perkasa (MMP) bermitra dengan PT Pembangunan Perumahan (PT PP) dalam pembangunan pelabuhan untuk mendukung kegiatan pembangunan dan operasional smelter nikel MMP di Kariangau, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur.

MMP dan PT PP melakukan seremoni serah terima penyelesaian pembangunan pelabuhan yang bertajuk MMP Port Handover, pada Jumat (3/5). 

Pelabuhan smelter nikel MMP memiliki kapasitas sebesar 7-7,5 juta ton per tahun dan dapat mengakomodasi kapal Panamax hingga 80 ribu Deadweight Tonnage (DWT) serta dilengkapi peralatan modern seperti 2 portal luffing crane.

Baca juga : MMS Group Tunjuk China ENFI Jadi Kontraktor Proyek Smelter Nikel di Kaltim

Proyek ini rampung dalam waktu sekitar 15 bulan, waktu yang relatif cepat untuk proyek dengan skala tersebut. Selain itu, rekam jejak keselamatan kerja yang sangat baik berhasil dibukukan selama proses pembangunan pelabuhan. Ini berkat komitmen tinggi dan kolaborasi luar biasa dari kedua belah pihak dalam mengerjakan proyek.

Presiden Direktur PT MMP Adhi Dharma Mustopo mengapresiasi PT PP karena kolaborasi yang sangat baik dan profesional sehingga berhasil mencapai catatan kinerja yang baik. Pelabuhan ini menjadi sesuatu yang patut dibanggakan karena membawa MMP makin dekat dengan upayanya untuk berkontribusi pada agenda hilirisasi mineral di Indonesia.

Ia menambahkan pelabuhan berperan penting guna mendukung perkembangan MMP ke depannya untuk mewujudkan pembangunan ekosistem industri energi hijau berkelanjutan, serta dapat berdampak signifikan dalam mendukung pengembangan ekonomi dan industri di Indonesia dan Kalimantan Timur pada khususnya di sektor hilir mineral nikel.

Baca juga : Pangdam XIV: TNI Jamin Stabilitas Keamanan Obvitnas dan PSN Smelter Nikel CNI Group

“MMP sebagai bagian dari MMS Group Indonesia selalu berkomitmen kepada prinsip bisnis berkelanjutan yang sejalan dengan visi misi Group dalam menjalankan setiap kegiatan. Kegiatan operasional kami didesain untuk dapat meminimalkan carbon footprint sebagai bagian mewujudkan program Net Zero Emission Indonesia 2060,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT PP Agus Purbianto mengaku puas bisa menyelesaikan pembangunan sesuai tenggat waktu yang ditetapkan dengan kualitas dan safety yang sesuai standar perusahaan.

“Terkait penyelesaian proyek pembangunan pelabuhan sudah sangat sesuai standar kualitas, safety, dan waktu penyelesaian. Memang itu adalah standar PT PP dimanapun kami bekerja, di seluruh area operasi kami, terkait QHSE dan waktu pelaksanaan proyek menjadi concern semua karena kepuasan stakeholder jadi prioritas kami,” ucapnya.

Baca juga : PT IWIP dan Kemenperin Buka Program Setara D1 Pengolahan Logam

Ia pun berharap operasional pelabuhan smelter nikel MMP bisa berjalan optimal guna mendukung program pemerintah menuju transisi energi hijau.

"Dengan beroperasinya port atau jetty dari MMP, harapannya operasional dari smelter nikel ini bisa berjalan optimal untuk membantu program pemerintah dalam transisi energi hijau,” imbuhnya.

Acara serah terima pelabuhan ini dihadiri jajaran direksi MMP, PT PP dan perwakilan KSOP Balikpapan. Suasana hangat memenuhi acara tersebut yang dilengkapi rangkaian hiburan dan santapan hidangan bersama, menandai tonggak bersejarah dalam kerja sama antara MMP dan PT PP.

MMP ialah perusahaan dengan 100% Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan sebagai anak usaha dari MMS Group Indonesia (MMSGI) yang memainkan peran kunci dalam industri hilir nikel. 

Dalam hal ini, menghasilkan nickel matte sebagai bahan baku penting untuk pembuatan baterai ramah lingkungan. Dengan proyek pembangunan pelabuhan ini, MMP kembali menegaskan komitmen mendukung pembangunan ekosistem energi hijau di Indonesia. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat