visitaaponce.com

Upaya Membantu Pemerintah Penuhi Kebutuhan Rumah

Upaya Membantu Pemerintah Penuhi Kebutuhan Rumah
(MI/HO)

INDONESIA masih mengalami backlog atau kesenjangan total rumah terbangun dengan jumlah yang dibutuhkan masyarakat. Berdasarkan data Survei Sosio Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2023, angka backlog hunian di Indonesia mencapai 12,71 juta. Sekitar 2,9 juta di antaranya tersebar di wilayah Jabodetabek.

Untuk membantu pemerintah dalam pengadaan rumah layak huni dan berkualitas, PT Sakura Sejahtera (SakuraLand) membangun beberapa kawasan hunian. SakuraLand mulai merambah bisnis pengembangan perumahan di 2010 dengan proyek klaster 20 unit di Kota Bekasi.

"Sampai saat ini kami membangun beberapa proyek perumahan skala kecil dan menengah di Bekasi, Garut, dan Sidoarjo. Segmen yang dilayani cukup beragam mulai dari rumah sederhana FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), rumah komersial menengah, dan rumah toko," papar Randy, Marcomm SakuraLand, dalam pernyataan perusahaan. 

Baca juga : Rumah Tapak Primadona, The Kaia Grand Wisata Bekasi Menjawab

Beberapa proyek hunian telah diserahterimakan kepada para penghuni. Beberapa hunian tersebut yakni Vila Samudra Jaya, Green Sentosa Asri, dan Bumi Malayu Regency. Semua hunian tersebut memiliki fasos dan fasum yang sama, yakni masjid, lapangan olahraga, taman, pos keamanan 24 jam, jaringan listrik, PDAM, dan internet.

Saat ini SakuraLand sedang menyelesaikan beberapa kawasan hunian yang mencakup Green Babelan Asri (GBA) dan Green Pilar Asri (GPA). Green Babelan Asri memiliki luas lahan 21 hektare dengan total potensi hunian mencapai 2.000 unit. Saat ini sebanyak 800 unit sudah laku terjual dengan kisaran harga Rp300 juta-Rp700 juta per unit.

Rencana berikutnya dari SakuraLand ialah mengembangkan proyek Mangkualam Asri, hunian berkualitas dengan harga subsidi. Kawasan hunian yang lokasinya sangat strategis ini berlokasi di Tunggak Jati, Karawang Barat, mengusung konsep hunian modern minimalis. Berdiri di atas lahan 30 hectare, rencananya akan dibangun sekitar 3.000-an rumah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat