visitaaponce.com

Kolaborasi Erat antar Pemangku Kepentingan Jadi Agenda AGII Kedepan

Kolaborasi Erat antar Pemangku Kepentingan Jadi Agenda AGII Kedepan
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid (kanan)(Dok)

KETAHANAN dan kemandirian energi menjadi salah satu aspek yang penting untuk mencapai target Indonesia emas 2045 mendatang. Untuk itu Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) menggelar Kongres dan Seminar Teknik ke-11 yang mengusung tema “Dekarbonisasi & Energi Terbarukan - Peran Sektor Gas Industri dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Kongres ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dan secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Selasa (7/5). Dalam kongres ini juga menjadi momen pemilihan Ketua Umum AGGI yakni, Rachmat Harsono secara musyawarah mufakat setelah sebelumnya dijabat oleh Phajar Haywibowo.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid menyampaikan apresiasinya atas terpilihnya Rachmat Harsono.

Baca juga : Jadi Ketua TPN Ganjar Pranowo, Arsjad Rasjid Cuti dari Ketum Kadin

"Saya ucapkan selamat kepada Bapak Rachmat Harsono sebagai Ketua Umum Asosiasi Gas Industri Indonesia Terpilih Periode 2024 - 2029. Dengan kepemimpinan Bapak Rachmat Harsono, kami yakin Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan gas industri di Tanah Air,” ungkap Arsjad.

Asosiasi yang didirikan pada 11 September 1972 ini berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan keselamatan kerja dan konsumen. Dalam program kerja ke depan, AGII akan mengintensifkan diskusi dan advokasi mengenai cara-cara efektif untuk mencapai zero accident di tempat kerja. 

“Kita percaya bahwa setiap kecelakaan bisa dicegah, dan setiap pekerja berhak untuk kembali ke rumahnya dalam keadaan selamat” ujar Rachmat Harsono, Ketua Umum AGII Periode 2024-2029.

Baca juga : Jika Jadi Pendamping Ganjar, Arsjad Rasjid Bisa Akselerasi Target Transisi Energi

Rachmat Harsono menyampaikan AGII akan selalu menjalin kolaborasi erat dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam penyusunan dan sosialisasi regulasi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 37 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bejana Tekanan dan Tangki Timbun. AGII memahami betapa pentingnya regulasi ini dalam mendukung keselamatan kerja yang maksimal di semua sektor industri. Oleh karena itu, AGII akan mendorong program ini dengan semangat untuk mengedukasi serta implementasi yang efektif kepada semua pihak yang terlibat.

Dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045, AGII turut mendukung road maps Pemerintah yang salah satunya berkaitan dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Harapannya para Penanaman Modal Asing (PMA) dapat terus mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta perusahaan dan industri lokal melalui kebijakan yang mendukung pengembangan kapasitas domestik dan integrasi ke dalam rantai pasok global. Langkah ini tidak hanya akan memperkuat ekonomi nasional tapi juga menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan berkelanjutan.

“Kami percaya dengan kerja sama yang erat antara asosiasi, pemerintah, dan semua pihak terkait, kita dapat mencapai kemajuan yang signifikan untuk industri dan ekonomi kita. Mari kita bersama-sama mendukung dan mendorong inisiatif ini demi masa depan yang lebih baik,” pungkas Rachmat.

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat