visitaaponce.com

Perkembangan Teknologi Digital dan AI Untungkan Indonesia

Perkembangan Teknologi Digital dan AI Untungkan Indonesia
Ilustrasi(MI)

Perkembangan teknologi digital dan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI) yang terus melesat dapat menjadi peluang beras bagi Indonesia. Pasalnya, peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung operasionalisasi kecanggihan itu membutuhkan bahan baku mineral yang umumnya tersedia di Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan sambutan dalam kegiatan Fitch Ratings bertajuk Post-Election Political and Economic Paths, Jakarta, Rabu (15/5).

"Dalam dunia teknologi digital dan kecerdasan buatan, kebutuhan akan perubahan terhadap peralatan yang lebih banyak menggunakan listrik, akan menjadi sangat, sangat tinggi. Semua itu membutuhkan banyak mineral yang berasal dari Indonesia," ujar Sri Mulyani.

Kondisi itu jelas membuat Indonesia mendapatkan momentum yang sangat baik. Saat ini pemerintah juga tengah berupaya menciptakan nilai tambah dari berbagai produk mineral melalui penghiliran nikel, tembaga, yang dibutuhkan di era teknologi digital dan AI.

"Jadi hilirisasi itu bukan hanya agar kita semakin nasionalis. Hal ini juga diperlukan untuk ketahanan Indonesia, mengingat lingkungan global yang terus kita kelola. Ini juga sudah dirancang agar kita juga bisa menyebarkan sumber pertumbuhan, khususnya di luar Pulau Jawa," jelas Sri Mulyani. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat