visitaaponce.com

Peserta Unjuk Ragam Kreativitas di Bootcamp AKI 2024

Peserta Unjuk Ragam Kreativitas di Bootcamp AKI 2024
Peserta bootcamp.(Dok. Apresiasi Kreasi Indonesia 2024)

SEJAK dimulai (kick off) pada 23 April 2024, program akselerator bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 sudah berjalan di 8 kota (Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu dan Toba). Bootcamp di masing-masing kota berlangsung selama 3 hari dari target total 12 kota hingga rampung pada 30 Mei 2024.

Pada hari pertama, materi mencakup hak kekayaan intelektual, pitching & presentasi, serta pengelolaan keuangan. Hari kedua diisi materi product review & branding, marketplace & promosi digital, design thinking & business model, serta legalitas & standardisasi usaha. Sebagai penutup, di hari terakhir peserta mengikuti materi sosialisasi e-katalog dan coaching clinic & mentoring.

Beberapa peserta merasakan manfaat usai mengikuti bootcamp. Risa, owner The Cold Crafter, produsen kopi cold brewery, menyampaikan materi di bootcamp sangat relevan dan aplikatif. "Mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan komunikatif," ungkap Risa. 

Baca juga : Target Pasar Global, Kemendag Sosialisasikan Good Design Indonesia 2022

Kesan sama dirasakan Rici Narita, owner Narita Bakes, jenama bakery asal Kalimantan. ”Pengalaman luar biasa. Bagi saya ajang ini bagus banget. Saya tidak hanya ketemu teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru seperti design thinking and business model," ujarnya.

The Cold Crafters dan Narita Bakes adalah dua dari 410 jenama dari seluruh Indonesia yang lolos mengikuti fase bootcamp. Mereka disaring dari 6.680 ribu pendaftar dan dibagi pada tujuh subsektor ekonomi kreatif yakni kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, gim, musik, dan film. Beragam kreativitas juga muncul dari peserta bootcamp AKI 2024. 

Seperti Balibell Jam, jenama kuliner dari pulau Bali yang fokus memproduksi selai (jam) rumahan dengan bahan pemanis rendah gula dan bahan baku alami, sesuai bagi yang diet atau menganut pola hidup sehat. Kemudia, Nu'Kieu, pengrajin dari Kota Bogor sebagai pionir produksi kerajinan berbahan baku bambu tanpa bahan pengawet dan kimia dalam proses pengerjaannya sehingga ramah lingkungan.

Juga, Hoshigoru Swimwear, jenama baju renang asal Bali yang memakai bahan daur ulang dan less waste material dengan desain multi ways. Selanjutnya, Arf Racewear, produsen sepatu balap dan hand gloves secara handmade, yang kini rutin mengekspor produknya ke luar negeri seperti Malaysia, Brunei, AS, Italia, dan negara Eropa lain. Terakhir, Cucicar, yakni jenama aplikasi untuk melayani pebisnis cuci dan salon mobil.

Setelah fase bootcamp tinggal menyisakan 4 kota lagi (Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke), tahapan berikutnya adalah bagi peserta terpilih akan ikut pameran di masing-masing kota/kabupaten pada akhir Mei hingga Agustus 2024. Kemudian, ditutup dengan tahapan akhir rangkaian kegiatan AKI 2024 dengan malam puncak di Jakarta pada September 2024. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat