visitaaponce.com

Perlu Ada Terobosan agar Penyaluran KUR Capai Target

Perlu Ada Terobosan agar Penyaluran KUR Capai Target
Ilustrasi(MI)

Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM bidang Hubungan Antar Lembaga Riza Damanik mengatakan perlu ada terobosan yang dilakukan agar penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai target. Pasalnya, sejak tahun lalu, penyaluran pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) selalu meleset dari target.

Di 2023, realisasi KUR hanya Rp260,26 triliun yang disalurkan kepada 4,64 juta debitur. Jumlah itu di bawah target penyaluran yang ditetapkan yakni senilai Rp297 triliun. Kemudian, pada lima bulan pertama tahun ini, penyaluran KUR baru mencapai Rp97,70 triliun dengan 1,67 juta debitur. Realisasi itu masih jauh dari target penyaluran KUR yang dipatok pemerintah sebesar Rp300 triliun.

"Kita sudah melihat ada gejala stagnasi dalam penyalursn KUR ini. Oleh sebab itu perlu ada terobosan-terobosan, baik itu terkait agunan dan jumlah debitur yang harus signifikan," ungkap Riza dalam media gathering Kemenkop UKM di Bogor, Jumat (17/5).

Baca juga : KUR 2024 akan Disalurkan Sebesar 287 Triliun

Dia mengungkapkan terobosan yang bisa dilakukan ialah dengan menerapkan sistem credit scoring untuk mengakses pembiayaan tanpa agunan. Sistem ini akan memasukkan data tambahan untuk menjamin UMKM layak menerima pinjaman. Data itu antara lain riwayat transaksi listrik, kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), hingga transaksi di e-commerce.

"Sistem credit scoring ini yang sedang kita bicarakan. Bagaimana mengintegrasi model credit scoring ini agar akses pembiayaan lebih mudah. Jadi, wacana ini masih dalam proses," terang Riza.

Terobosan lainnya ialah dengan memperkuat penyaluran KUR berbasis klaster rantai produksi. Panyaluran pembiayaan ini bergeser dari sektor perdagangan ke sektor produksi seperti pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan lainnya.

"Di KUR klaster ini sudah ada 39 klaster yang dikembangkan. Jadi, tidak hanya itu-itu saja klasternya," tandas Riza. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat