visitaaponce.com

KUR 2024 akan Disalurkan Sebesar 287 Triliun

KUR 2024 akan Disalurkan Sebesar 287 Triliun
Ilustrasi. Pekerja menjemur kripik kaca (pikca) di Desa Petir Hilir, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (18/1).(ANTARA/ADENG BUSTOMI)

ASISTEN Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian Republik Indonesia, Gede Edy Prasetya mengatakan bahwa tahun ini dana Kredit Usaha Rakyat (KUR)  yang akan disalurkan untuk UMKM mencapai Rp287 triliun.

"Mudah-mudahan nanti bisa kita selesaikan pada September, Oktober, November," ucap Gede di Garut, Jawa Barat pada Kamis (2/5).

Pemberian KUR bertujuan untuk menumbuhkan sektor UMKM melalui penyediaan akses pembiayaan usaha yang mudah, murah, dan terjangkau serta membuktikan bahwa negara hadir membantu mereka.

Baca juga : Presiden: KUR Harusnya tidak Perlu Agunan

"Pembiayaan yang disalurkan KUR sendiri bersumber dari dana perbankan dan lembaga keuangan penyalur KUR yang disediakan untuk modal kerja serta investasi dan disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup," jelasnya.

Adapun realisasi KUR yang telah disalurkan per 2 Mei 2024 telah mencapai Rp90 triliun dengan target nasabah KUR baru 1,8 juta orang. Adapun debitur graduasi sebanyak 1,4 juta orang.

"Target nasabah (KUR baru) tahun ini 1,8 juta tapi sudah tercapai hampir 89 persen atau 1,55 juta," terangnya.

Untuk diketahui, penyaluran KUR didominasi jenis KUR Mikro dengan total penyaluran sebesar Rp61,35 triliun (67,82%) diikuti oleh KUR Kecil sebesar Rp28,66 triliun (31,68%), KUR Super Mikro sebesar Rp440,36 miliar (0,49%), dan KUR Penempatan PMI sebesar Rp8,50 miliar (0,01%). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat