visitaaponce.com

Rupiah 21 Mei Ditutup Melemah Tunggu Kebijakan Suku Bunga AS

Rupiah 21 Mei Ditutup Melemah Tunggu Kebijakan Suku Bunga AS
Petugas teller menunjukan uang rupiah dan dolar AS yang akan ditransaksikan, di Jakarta, Kamis (15/2/2024).(MI/ADAM DWI)

NILAI tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Selasa (21/5) ditutup melemah. Ini terjadi di saat pelaku pasar menantikan perkembangan terbaru terkait arah kebijakan suku bunga Amerika Serikat (AS) dari bank sentral AS Federal Reserve (The Fed).

Pada akhir perdagangan Selasa, kurs rupiah merosot 21 poin atau 0,13% menjadi 15.999 per dolar AS dari sebelumnya sebesar 15.978 per dolar AS. "Pelaku pasar masih menunggu data baru dari notulen rapat moneter bank sentral AS yang akan dirilis Kamis dini hari pekan ini," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa.
  
Menurut Ariston, sentimen tentang pemangkasan suku bunga acuan AS masih menjadi penggerak harga di pasar keuangan. Ini karena Federal Reserve memang tidak pernah memberikan kepastian terkait langkah selanjutnya tetapi hanya memberikan indikasi.

Indeks dolar AS juga terlihat menguat pagi ini, naik ke kisaran 104,60-an dibandingkan Senin pagi (20/5) di posisi 104,40-an.
 
Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia pada Selasa tergelincir ke level Rp16.024 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.980 per dolar AS. (Ant/Z-2)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat