visitaaponce.com

Tingkat Penetrasi Internet Tinggi, Sektor Telekomunikasi sangat Menjanjikan

Tingkat Penetrasi Internet Tinggi, Sektor Telekomunikasi sangat Menjanjikan
Ilustrasi(MI/Dwi Apriyani)

Sektor telekomunikasi menunjukkan prospek yang sangat positif dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tingkat penetrasi internet di Indonesia pada 2023 mencapai 78,9%, atau sekitar 215,6 juta jiwa dari total populasi 275,77 juta jiwa. Angka itu meningkat dari 77,02% pada 2022.

Erikson, Arthur, dan D. Little (ADL) juga melaporkan, pada 2023, industri telekomunikasi di Asia Tenggara tumbuh pesat berkat adopsi perangkat seluler dan layanan digital yang mendorong peningkatan konsumsi data. Proyeksi menunjukkan itu akan terus meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 32% dari 2022 hingga 2028. Selain itu, jaringan 5G juga berkembang pesat, dengan penetrasi yang diperkirakan mencapai 52% di Asia Tenggara pada 2030.

Berkaca dari data dan laporan tersebut, PT Solusi Sinergi Digital (WIFI) menatap masa depan industri dengan optimisme. Direktur WIFI, Gilman P Nugraha, mengatakan pihaknya memiliki potensi besar untuk memperluas jangkauan layanan, inovasi produk, dan pangsa pasar.

Baca juga : Integrasi IndiHome ke Telkomsel Berpotensi Hadirkan 15 juta Pelanggan Baru

"Itu bisa terjadi karena permintaan layanan telekomunikasi terus meningkat, terutama layanan konektivitas yang cepat dan handal, didukung oleh adopsi teknologi baru seperti Internet of Things (IoT), 5G, dan kecerdasan buatan," tutur Gilman melalui keterangan tertulis, Senin (27/5).

Namun, ia mengatakan perusahaan juga menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan dengan para pemain lain. Selain itu, pihalnya juga harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat dan regulasi yang kompleks.

“Namun, dengan fokus pada keandalan infrastruktur, kami optimistis menjadi pemimpin dalam mendorong konektivitas yang merata dan terjangkau, serta mempercepat transformasi digital di berbagai sektor,” tutup Gilman. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat