visitaaponce.com

Menkominfo Berdalih Starlink Pacu Operator Lokal untuk Berbenah

Menkominfo Berdalih Starlink Pacu Operator Lokal untuk Berbenah
Starlink dianggap pemicu layanan internet nasional bebenah(MI)

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa operator telekomunikasi nasional tidak perlu khawatir dengan hadirnya layanan internet berbasis satelit, Starlink Indonesia milik Elon Musk. Justru, kehadiran Starlink dapat menjadi dorongan bagi operator lokal untuk meningkatkan teknologi mereka.

"Ini bisa menjadi pecutan bagi operator telekomunikasi seluler untuk berbenah, terutama dari sisi teknologi," kata Budi dalam rapat kerja (raker) di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 10 Juni 2024.

Budi mengklaim sudah berdiskusi dengan para operator lokal dan menegaskan agar mereka tidak takut dengan kehadiran Starlink.

Baca juga : Penyelenggara Jasa Internet Nasional Siap Bermitra dengan Starlink

"Saya sudah jelaskan ke operator seluler, kenapa harus takut? Kita bisa meluncurkan LEO (Low Earth Orbit) juga, kenapa harus takut menghadapi teknologi baru," ujar Budi.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) itu juga menjelaskan bahwa pangsa pasar Starlink di berbagai negara tidak akan mengancam industri telekomunikasi nasional.

Menurut Budi, pangsa pasar Starlink di Amerika Serikat hanya 0,2%, di Kanada dan Australia masing-masing 0,5%, dan di Selandia Baru hanya 0,8%.

"Negara-negara ini secara geografis membutuhkan teknologi satelit. Jadi, mengapa kita harus takut dengan pangsa pasar di bawah satu persen?" jelas Budi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat