visitaaponce.com

Jokowi Indonesia Menuju Ekonomi Hijau dengan Kekuatan dan Daya Saing Tinggi

Jokowi: Indonesia Menuju Ekonomi Hijau dengan Kekuatan dan Daya Saing Tinggi
Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia memiliki kekuatan besar dan daya saing tinggi untuk mewujudkan ekonomi hijau(MI/Fetry)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia punya kekuatan besar menuju terwujudnya ekonomi hijau, tidak sekadar ikut-ikutan dalam gerakan ekonomi hijau dunia. Indonesia terus berupaya dalam gerakan dunia menuju ekonomi hijau.

"Pilihan ini, bukan karena ingin ikut-ikutan tetapi karena kita memiliki, kekuatan besar, dan daya saing tinggi dalam ekonomi hijau," kata amanat Jokowi sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Lapangan Pancasila, Pertamina Hulu Rokan, di Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (1/6).

Sebab Indonesia punya hampir semua jenis bahan untuk mengolah energi hijau, mulai dari energi panas bumi, energi surya, energi air, dan energi ombak.

Baca juga : Presiden Jokowi akan Hadiri KTT ASEAN-Jepang

Indonesia, juga kaya akan hasil perkebunan yang bisa diolah menjadi bahan bakar seperti bio diesel, bio ethanol dan bio avtur.

Kekuatan energi hijau ini akan mengundang investasi bagi industri hijau, juga menarik masuk pendanaan ekonomi hijau yang menghasilkan green food (pangan hijau) dan membuka peluang-peluang bagi green jobs (pekerjaan berorientasi ramah lingkungan) yang mensejahterakan sekaligus berkelanjutan.

Maka, transisi energi harus dilakukan secara bertahap. Menurutnya Indonesia harus mempercepat transisi energi menuju energi hijau.

"Pertamina dan PLN harus terus mengembangkan energi hijau yang meningkatkan nilai tambah di dalam negeri yang mensejahterakan masyarakat, mensejahterakan rakyat bahwa yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila," pinta Jokowi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat