visitaaponce.com

Ketersediaan Air Krusial dalam Produksi Pangan Jelang Kemarau

Ketersediaan Air Krusial dalam Produksi Pangan Jelang Kemarau
Foto udara, Bendungan Ameroro di Kecamatan Uepai, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).(Antara/Jojon)

PENGAMAT pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori merespons kondisi musim kemarau yang menghampiri Indonesia dan dampaknya terhadap produksi pangan ke depan.

"Dampaknya (kekeringan) belum bisa dipastikan seberapa besar. Menurut BMKG, Juli sampai akhir tahun masuk La Nina lemah. Nmun La Nina lemah tidak berpengaruh terhadap musim kering," kata Khudori saat dihubungi pada Rabu (5/6).

Khudori menjelaskan bahwa saat ini sebanyak 19% zona atau wilayah Indonesia sudah memasuki musim kering. Adapun wilayah tersebut meliputi Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara (Timur dan Barat), Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara sejak Juni hingga Oktober berppotensi diguyur hujan dengan intensitas amat rendah kurang dari 50 mm/bulan.

Baca juga : Antisipasi Kemarau, Pemerintah Diminta Prioritaskan Revitalisasi Hulu Irigasi untuk Lahan Sawah

"Masih sulit memperkirakan seberapa besar dampaknya. Ini karena, pertama, situasi iklim/cuaca masih dinamis, karena itu penting untuk terus mencermati update perkiraan dari BMKG," ujar Khudori.

Di sisi lain, Khudori menyebut bahwa pemerintah melalui kementerian teknis harus melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mengantisipasi dampak yang tidak diinginkan jelang musim kemarau yang datang. Salah satunya yang bisa dilakukan ialah kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengelola ketersediaan air agar terus tersedia untuk menjaga produktivitas pangan.

"Kalau embung-embung, bendung, waduk yang terisi air dipastikan airnya bisa dialirkan ke sawah tentu ini bermanfaat. Jika jaringan irigasi primer tersambung dengan irigasi sekunder dan tersier yang jadi wewenang daerah juga akan baik karena memastikan air bisa mengalir dari hulu sampai sawah," jelasnya.

Khudori juga mengapresiasi penyediaan program pompanisasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang berjumlah 90 ribu unit untuk membantu pengairan sawah. "Jadi masalah serius jika pompa ada tetapi air yang hendak dipompa tidak ada. Jadi krusial jika embung-embung, bending, dan waduk terisi air tetapi air tak bisa dialirkan ke sawah. Jadi masalah serius bila jaringan irigasi primer tidak diikuti keberadaan jaringan irigasi sekunder dan tersier," tandasnya. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat