visitaaponce.com

Dokter PBSI Air Mineral Berkualitas Bisa Menjaga Performa Atlet

Dokter PBSI: Air Mineral Berkualitas Bisa Menjaga Performa Atlet
Atletnya diminta rutin mengonsumsi air mineral yang sudah dipastikan kualitas mineralnya.(DOK IST)

TENAGA kesehatan pendamping PBSI dr Tjahyadi Soegiono mengingatkan pentingnya para atlet untuk mengonsumsi air mineral. Dengan kandungan mineral yang berkualitas, air yang dikonsumsi akan sangat berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular serta kinerja otot selama aktivitas fisik yang memerlukan intensitas tinggi.

"Air mineral dengan mineral berkualitas selain dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, juga paling penting fungsinya untuk membantu menggantikan mineral tentunya,” ujar Tjahyadi Soegiono dalam keterangannya, Rabu (4/6).

Menurut Tjahyadi, air dengan kandungan mineral yang berkualitas sangat berperan penting dalam menjaga kebugaran atlet mengingat mineral sangat diperlukan untuk meningkatkan performa atlet dalam berlatih maupun bertanding. Kekurangan mineral dipastikan akan menurunkan performa dan menyulitkan atlet untuk rekondisi (recovery) fisiknya.

Baca juga : Bromat Berlebih pada AMDK Bahayakan Kesehatan

“Konsumsi cairan dan mineral yang kurang pada atlet otomatis akan menyebabkan kekurangan cairan dan turunnya metabolisme tubuh. Dehidrasi sendiri akan dapat menyebabkan gangguan salah satunya pada fungsi otak, seperti kesulitan berkonsentrasi, penurunan memori dan gangguan mood. Sedangkan untuk metabolisme tubuh, yang paling sering adalah menyebabkan terjadinya kram otot pada atlet dan sulit untuk recovery,” ungkap Tjahyadi.

Untuk itulah sebagai dokter pendamping para atlet, Tjahyadi selalu menyarankan atletnya rutin mengonsumsi air mineral yang sudah dipastikan kualitas mineralnya. 

Ketika ditanya mengenai Le Minerale yang dipercaya pihak penyelenggara Indonesia Terbuka 2024 sebagai official mineral water, Tjahyadi mengatakan, dirinya menyambut baik penunjukkan kembali tersebut, karena perannya dalam empat tahun terkahir ini sebagai official mineral water sudah membuktikan keunggulan Le Minerale yang memiliki mineral esensial berkualitas yang membantu memenuhi kecukupan mineral tubuh. 

“Menurut saya, Le Minerale adalah salah satu produk air mineral yang terbaik, karena selain mengandung mineral esensial berkualitas, juga mampu mengedukasi masyarakat atau para konsumennya dengan menampilkan informasi mineral yang terkandung dalam produk air mineralnya pada kemasan yang dibuat. Ini sangat penting untuk memastikan kandungan mineral di dalamnya,” ungkap Tjahyadi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat