visitaaponce.com

DPR Apresiasi Ormas Keagamaan yang Menolak IUPK

DPR Apresiasi Ormas Keagamaan yang Menolak IUPK
ANGGOTA DPR RI Fraksi PKS Hermanto.(Dok. PKS)

ANGGOTA DPR RI Fraksi PKS Hermanto mengapresiasi ormas keagamaan yang menolak diberikan izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Menurut Hermanto menolak diberikan IUPK izin tambang merupakan sikap kebangsaan yang patut diteladani karena memberikan pencerahan tentang pentingnya spesialisasi bidang garap.

“Ormas keagamaan tidak cocok untuk menggarap tambang. Tidak selaras dengan prinsip profesionalitas pembangunan,” ujarnya, Sabtu (8/6).

Baca juga : Beri IUP ke Ormas, Pemerintah Diminta Tegas dan Konsisten Lakukan Pengawasan

Dia berpendapat ormas keagamaan bergerak di bidang dakwah untuk membentuk spritualitas bangsa guna menguatkan integritas moral. Bila ormas keagamaan terjun menggarap tambang, lanjutnya, apa mungkin penggarap tambang menggarap spritualitas.

“Spritualitas dan tambang dua hal berbeda, tidak cocok dicampur aduk. Bila kejadiannya demikian, maka tak ada lagi kekhususan spesialisasi bidang garap elemen bangsa. Hal itu, tidak selaras dengan prinsip profesionalitas pembangunan"

Hermanto menilai, ijin tambang untuk ormas keagamaan terlalu sarat muatan politiknya. Sehingga harus dikaji dan dikritisi bersama.

“Jangan politisasi tambang. Tambang cukup diserahkan pada ahlinya," tukasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat