visitaaponce.com

Jelang Tahun Baru Islam, Stok dan Harga Pangan di Bogor Aman

Jelang Tahun Baru Islam, Stok dan Harga Pangan di Bogor Aman
Ilustrasi(MI)

Kurang dari sepeken menjelang peringatan Tahun Baru Hijriah, 1 Muharam 1446 Hijrah, Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan pemantauan pasokan pangan di sejumlah titik pasar tradisional dan ritel modern. Dari hasil pantauan tersebut, diketahui kondisi pasokan dan harga pangan dalam kondisi stabil.

"Kondisi pasokan dan harga pangan terpantau stabil bahkan cenderung melandai. Terima kasih atas semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyediaan pangan khususnya BUMN dan para pelaku usaha di sektor hulu," ujar Direktur Pengawasan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Bapanas, Anas Yalitoba, di Pasar Suryakencana Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/7).

Berdasarkan pantauan langsung tersebut, rata-rata harga beras medium Rp11.000/kg, beras premium Rp16.000/kg, daging ayam ras Rp36.000/kg, daging sapi Rp150.000/kg, Minyakita Rp29.000/2 liter, gula pasir Rp17.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, bawang putih Rp35.000/kg, cabai merah keriting Rp45.000/kg, cabai rawit merah Rp50.000/kg, ikan bandeng Rp40.000/kg, ikan kembung Rp40.000/kg, dan ikan tongkol Rp35.000/kg.

Baca juga : Kerugian akibat Kebakaran Pasar TU Kayu Manis Rp2 Miliar

"Sesuai arahan Kepala Badan Pangan Nasional, kami melakukan pengawasan setiap saat di wilayah Jabodetabek, dan juga tentunya bersama pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia kita gencarkan Gerakan Pangan Murah. Kita pastikan adanya ketersediaan pangan pokok itu penting, dan stabilitasnya terjaga," tambah Anas.

Salah satu pedagang beras, Ahmad, mengaku tidak ada kendala menghadapi Tahun Baru Islam kali ini. Bahan pangan mudah didapatkan dan harganya stabil sehingga tidak menyulitkan dalam menjualnya kepada masyarakat. Sebagian besar bahan pangan di Pasar Bogor dipasok dari daerah Bogor dan sekitarnya.

"Stok pangan aman, harga agak naik sekarang. Kalau beras medium kebanyakan untuk dikonsumsi, kalau premium kebanyakan untuk dijual lagi. Utamanya stok aman, pembelian stabil," ungkap Ahmad. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat