visitaaponce.com

IFW 2024 Resmi Digelar, Targetkan Total Transaksi Rp60 Miliar

IFW 2024 Resmi Digelar, Targetkan Total Transaksi Rp60 Miliar 
Pembukaan Indonesia Fashion Week(MI/HO)

PEKAN mode Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 resmi digelar di Jakarta Convention Center (JCC) sejak Rabu (27/3). 

Tema IFW 2024 adalah 'Langgam Jakarta Teranyam'. Lewat tema itu, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ingin mengangkat keberagaman budaya Betawi dalam pesona seni dan mode kontemporer. 

IFW 2024 bekolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, BTN Prioritas, dan Tokopedia. 

Baca juga : Satu Dekade Berkarya, Kursien Karzai Hadirkan Koleksi Busana dari Corak dan Motif Nusantara

Opening Ceremony IFW 2024 dihadiri sejumlah pihak, seperti Ketua Umum APPMI sekaligus President IFW Poppy Dharsono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata. 

Hadir juga Naniek Rachmat (APPMI), Misan Kopanka (APPMI), Musa Widyatjmodo (APPMI), Vivi Kosidin (Fashion Category Development Senior Lead Tokopedia), dan Meru Arumdalu (Head of Wealth Management Division).

Poppy Dharsono menjelaskan, di pagelaran tahun ini, lebih dari 300 desainer menampilkan koleksi terbaik mereka, beberapa bahkan datang dari luar negeri seperti Malaysia dan Thailand. 

Baca juga : Kehadiran AI di Industri Fesyen bukan untuk Menggantikan Kreativitas Desainer

IFW 2024 juga diramaikan 400 exhibitor yang menampilkan karya mode maupun kriya dari berbagai daerah. Beberapa merupakan pihak yang tergabung dalam Dekranasda Nasional. 

"Target pengunjung IFW 2024 dari 27 hingga 31 Maret 2024 sebanyak 100.000 orang, dengan total transaksi Rp60 miliar," ungkap Poppy. 

Poppy menambahkan, IFW sebagai wadah terbesar untuk ekosistem fashion di Indonesia ingin memberikan platform kepada para pelaku sektor industri fesyen di Tanah Air. 

Baca juga : Dua Mahasiswi ESMOD Jakarta Ini Terpilih Jadi Pemenang Kompetisi Mode Berkelanjutan

Dengan kolaborasi dari berbagai pihak, APPMI berharap dapat memberikan dampak yang lebih besar dan lebih baik kepada seluruh peserta yang terlibat di IFW 2024.  

"Kehadiran masing-masing pihak ini sangat berperan penting untuk memaksimalkan kesuksesan dari pekan mode terbesar di Indonesia," kata Poppy. 

"Adanya dukungan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI JAKARTA membantu kami dalam konsep kreatif, komunikasi, dan pelaksanaan IFW 2024," tambahnya.  

Baca juga : Lakon Store Hadirkan Fashion Show CLBK dengan 6 Merek Lokal

Di IFW 2024, BTN Prioritas sebagai official bank partner diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada para desainer peserta IFW untuk memperluas jaringan pelanggannya. Menariknya, BTN Prioritas di ajang ini memberikan promo khusus untuk para nasabahnya. 

“Kami sangat bangga menjadi bagian dari event besar ini. Kami di IFW 2024 sebagai official bank partner dan ini kali pertama kami berkolaborasi dengan IFW,” kata Head of Wealth Management Division BTN Prioritas Meru Arumdalu. 

Meru menjelaskan alasan pihaknya berkolaborasi dengan IFW. “Tujuan BTN Priortas dan IFW itu sama yaitu bangga akan produk-produk lokal.". 

Baca juga : Tren Gaya Berpakaian Denim-On-Denim Kembali Populer

Di IFW 2024, nasabah BTN Prioritas akan mendapat banyak keistimewaan. Selain bisa dating dan menikmati produk-produk fashion lokal dengan suasana meriah, juga akan mendapatkan promo menarik.
 
“Untuk nasabah BTN Prioritas, ada promo yaitu dengan pembelian minimal Rp5 juta, nasabah dapat menukarkan voucher ke BTN Prioritas,” jelasnya. 

Di IFW 2024 ini semua EDC yang digunakan adalah EDC BTN Priritas. 

Sementara itu, Tokopedia hadir di IFW 2024 selain sebagai official co-host, juga official e-commerce, e-ticketing, dan livestream partner. Bahkan, Tokopedia hadir dengan area khusus di IFW yaitu Tokopedia Fashion Market yang membawa 62 brand fesyen baru ke dalam ekosistem IFW. 

Baca juga : Esmod Jakarta Gelar Program Magang Instruktur Desain Mode bersama Kemendikbud

"Tokopedia dan TikTok terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan termasuk akan produk fesyen, sekaligus memberikan penggung lebih luas kepada pelaku industri fesyen tanah air agar makin menjadi pilihan masyarakat," kata Vivi Kosidin. 

"Di IFW 2024, kami menghadirkan Tokopedia Fashion Market– bazar offline di Cendrawasih Hall JCC yang masih merupakan bagian IFW 2024–dengan menghadirkan sederet brand lokal fesyen muslim, wanita, pria maupun anak," tambahnya. 

Ia melanjutkan, masyarakat yang berkunjung ke Tokopedia Fashion Market dapat bertransaksi menggunakan fitur 'Ambil di Tempat' lewat aplikasi Tokopedia agar bisa mendapat diskon tambahan dan bisa langsung membawa barang belanjaannya. 

Selain itu, agar para pelaku usaha yang berpartisipasi dalam Tokopedia Fashion Market mendapatkan eksposur lebih, pihaknya menghadirkan secara offline sejumlah kreator ternama dari TikTok untuk melakukan promosi. 

"Kami juga menyediakan halaman khusus di website dan aplikasi Tokopedia, serta di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok," terangnya. (RO/Z-1)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat