visitaaponce.com

Tujuh Pahlawan Super DC dan Marvel yang Saling Tiru

Tujuh Pahlawan Super DC dan Marvel yang Saling Tiru
Marvel Comics No. 1 pada 1939.(AFP/Heritage Auctions.)

RASANYA Hampir tidak mungkin untuk mendapatkan ide orisinal dalam lanskap buku komik. Ini karena dua raksasa yaitu DC dan Marvel telah membawa hampir semua jenis karakter superhero yang mungkin. Karena kurangnya pilihan, mencuri ide-ide kompetitor menjadi praktik yang umum.

Dalam konteks ini, karakter yang 'dicuri' oleh penerbit dengan cara ide dasarnya disalin atau dipoles dengan perubahan kecil. Ini terbukti karena ada kesamaan ekstrem dalam penampilan dan kepribadian mereka. Dalam beberapa kasus, para penciptanya kemudian mengakui bahwa pahlawan super itu berasal dari yang sudah ada dari pesaing mereka.

1. Sentry meniru Superman

Salah satu pencipta Sentry, Rick Veitch, mengakui tujuan dari superhero itu ialah menjadi Superman. Untuk tujuan ini, tampaknya sebagian besar aspek Superman dicuri, termasuk hal-hal seperti simbol di dada Sentry. Ia pun memiliki kekuatan berbasis matahari dan berkencan dengan wartawan. Ia pun memiliki pangkalan pribadi di The Watchtower untuk Sentry layaknya Fortress of Solitude milik Superman.

2. Doctor Strange meniru Doctor Fate

Sudah menjadi praktik umum di antara penggemar untuk menempatkan kedua penyihir ini satu sama lain. Pasalnya, banyak kemampuan Doctor Strange diambil dari Doctor Fate. Strange muncul di Strange Tales # 110 pada Juli 1963 dan Doctor Fate tampil di More Fun Comics # 55 pada Mei 1940.

3. Vision Mencuri Red Tornado

Anda pasti mengira keduanya bersaudara mengingat betapa miripnya mereka. Red Tornado tiba pertama kali pada Justice League of America # 64 pada Agustus 1968. Debut Vision yang mencurigakan tampil segera di The Avengers # 57 pada Oktober 1968. Red Tornado ditetapkan sebagai android yang hidup. Ini persis sama untuk Vision.

4. Lobo Meniru Wolverine

Karena kesuksesan Marvel dalam menghadirkan superhero seperti Wolverine yang buas, pencipta Lobo, Keith Giffen, mengakui bahwa dia memikirkan Wolverine saat membuat karakter tersebut. Penggemar langsung melihat bahwa Lobo tidak memiliki hati nurani dan menyukai kebrutalan. Keduanya merupakan aspek penting untuk karakterisasi Wolverine.

Bahkan DC tampaknya mengakui tanpa benar-benar mengatakan bahwa mereka memang mencuri konsep tersebut. Ini terbukti pernah muncul komik persilangan DC dengan Marvel yang menampilkan Lobo melawan Wolverine.

5. Nova Corps Meniru Green Lantern Corps

Muncul teori bahwa Nova Corps dapat mengalahkan Green Lanterns. Tapi perlu dicatat bahwa Green Lantern ialah polisi luar angkasa yang asli. Tidak banyak yang bisa dibedakan antara keduanya. Nova Corps pada dasarnya ialah versi Marvel tentang Green Lantern Corps.

Pahlawan DC Green Lantern muncul di Showcase # 22 pada 1959. Nova Corps baru muncul dua dekade kemudian di Fantastic Four # 205 pada 1979.

6. Bumblebee Meniru The Wasp

Penampilan pertama The Wasp di Tales to Astonish # 44 pada 1963. Dia menggunakan partikel Pym dan kostum khusus untuk mengecilkan ukurannya yang memiliki efek memberikan kekuatan seperti kekuatan dan daya tahan.

Di Teen Titans # 48 pada 1977, DC menghadirkan Bumblebee yang memiliki cukup banyak kemampuan persis yang dia dapatkan melalui penggunaan setelan super. Bahkan penampilan mereka sangat mirip, sampai-sampai tidak perlu banyak waktu untuk melihat bahwa DC secara efektif mencuri konsep itu.

7. Aquaman Meniru Namor

Aquaman muncul di More Fun Comics #73 pada 1941. Namor the Submariner keluar tiga tahun sebelumnya di Marvel Comics #1 pada 1939. Mort Weisinger, pencipta Aquaman, bahkan mengatakan kepada dirinya sendiri bahwa dia menginginkan karakter seperti Namor. Baik Aquaman maupun Namor tinggal di bawah laut di Alantis memiliki kekuatan yang sama. Keduanya ialah raja Atlantis. (CBR.com/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat