visitaaponce.com

Dave Grohl Mengaku Nyaris Tuli

Dave Grohl Mengaku Nyaris Tuli
Dave Grohl(AFP/Rich Fury/Getty Images)

NAMA Dave Grohl tentu sudah tidak lagi asing di telinga pecinta musik rock. Vokalis grup band Foo Fighter tersebut ternyata telah lama mengalami masalah pendengaran hingga nyaris tuli.

Dalam wawancara dengan people.com, Selasa (22/2), Grohl menceritakan ia telah mengalami masalah pendengaran sejak lama. Nyaris 20 tahun menjalani karier sebagai muisis dan bermusik membuat kondisi telinga nyaris tuli.

Lelaki berusia 53 tahun tersebut mengatakan telinganya bermasalah akibat rutinitas tampil di panggung. Paparan suara musik dari pengeras suara yang sangat kencang membuat gendang telinganya mengalami masalah permanen.

Baca juga: Debut Memoar Dave Grohl Raih Penjualan Terbaik di New York Time

“Setidaknya dalam dua puluh terakhir ini saya lebih banyak mengandalkan membaca gerak bibir ketika berbicara dengan orang lain,” ujarnya.

Ia megatakan, kondisi telinganya memang tidak tuli secara total. Pada kondisi tertentu, misalnya di suasana tenang dan suara yang jelas, ia masih dapat mendengar meski tidak maksimal. Kemampuannya mendengar hampir hilang ketika berada di keramaian.

“Misalnya kalau mengobrol di tempat ramai seperti restoran, itu saya tidak akan bisa mendengar ucapan orang-orang. Kalau mengobrol berdua di rumah saya masih akan dapat mendengar,” tutur Grohl.

Meski mengalami banyak kesulitan dengan kondisinya tersebut, lelaki bernama lengkap David Eric Grohl itu tetap tidak menyerah dan menjalankan profesinya sebagai musisi secara profesional. 

Ia tetap tampil maksimal di setiap panggung hingga tak satupun penggemar atau orang di sekitarnya tahu bahwa ia tidak dapat mendengar apa yang terjadi di sekitarnya.

Ia juga tetap menjalankan kegiatannya membuat musik di studio seperti biasa. Kondisinya tersebut tak membuat kualitas karya-karya Grohl mengalami penurunan.

“Telingaku memang tidak bisa menangkap suara sebagus dulu sebelum bermasalah, tapi sama sekali tidak menggangguku ketika melakukan rekaman atau mixing di studio, meski dengan keterbatasan aku tetap bisa melakukannya,” ujarnya.

Grohl mengaku masalah pada telinganya terjadi salah satunya juga karena kelalaiannya yang kerap tidak menggunakan pelindung telinga ketika tampil di panggung. 

Ketika awal berkarier, ia merasa menggunakan pelindung telinga membuatnya tidak maksimal karena tidak dapat merasakan atmosfer asli dari penonton.

“Jadi kuingatkan kalian para musisi khususnya musik seperti rock, jangan lupa menggunakan pelindung telinga,” ujar Grohl.

Sementara itu, selain terkenal sebagai vokalis band Foo Fighter, Grohl juga terkenal berkat perannya yang ikut membesarkan band ternama lainnya. Salah satunya Nirvana, di mana ia juga pernah berperan sebagai pemain drum band tersebut. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat