visitaaponce.com

Serial Assalamualaikum Calon Imam 2 Ungkap Masalah Utama Pasangan Muda Indonesia

Serial Assalamualaikum Calon Imam 2 Ungkap Masalah Utama Pasangan Muda Indonesia
Seri Assalamualaikum Calon Imam 2 di Viu(Dok. Viu)

SURVEI terbaru yang dirilis oleh Alvara dan Viu mengungkapkan persoalan-persoalan yang dialami oleh pasangan muda saat ini. Survei ini terinspirasi dari respon pecinta drama Viu Original Assalamualaikum Calon Imam 2 yang menghadirkan konflik rumah tangga pasangan muda, Dr. Alif (Miller Khan) dan Fisya (Mentari De Marelle). 

Pasangan itu menghadapi badai rumah tangga dengan sejumlah persoalan yang melibatkan orang-orang terdekat.

“Drama ini merupakan cerminan persoalan pasangan muda secara umum di Indonesia, tentang keluarga baru yang harus berhadapan dengan konflik rumahtangga dan karier,” ujar Indra Gunawan, sutradara Assalamualaikum Calon Imam 2 dalam keterangannya.

Dalam survei yang melibatkan lebih dari 600 responden dari tujuh kota besar di Indonesia, para pasangan muda berusia 20-35 tahun mengakui empat masalah utama konflik mereka, yaitu perbedaan pendapat (31,4%), persoalan keuangan (27,1%), perilaku (23,4%) dan kecemburuan (20,9%). 

"Mereka bahkan menyatakan bahwa bantuan penasehat pernikahan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut." tambah Indra.

Yang menarik, temuan ini juga mengungkap bahwa konflik perbedaan pendapat banyak dialami pasangan yang belum memiliki anak. Sementara persoalan keuangan lebih banyak dialami pada pasangan yang sudah memiliki anak.

Survei itu juga menanyakan perilaku yang membuat hubungan pernikahan berakhir. Hasilnya, 46,2% responden mengaku bahwa perselingkuhan adalah akhir dari segalanya. Hanya 19,1% yang menjawab perilaku suka memukul atau tindakan kekerasan.

Baca juga : Tissa Biani dan Dul Jaelani Ungap Kisah Dibalik Lagu "Anggur Cinta"

Lalu, apakah yang membuat pernikahan semakin kuatv? Sebanyak 35% responden menjawab saling menghargai satu sama lain dan diikuti menjaga komitmen pernikahan (26,3%). Sabar dan mengalah menempati posisi ketiga dengan menjaring 16,3%.

Respon para pecinta drama terhadap serial Assalamualaikum Calon Imam 2 memang luar biasa. Setelah sukses dengan berbagai penghargaan internasional di season pertama, drama Assalamualaikum Calon Imam 2 telah ditonton 2 Juta kali di Viu hanya dalam waktu kurang dari satu bulan. 

Para penonton pun sempat meramaikan tagar #AssalamualaikumCalonImam2diViu dan menjadi trending topic di Twitter.

Drama itu didukung oleh Roy Sungkono, Marthino Lio, Rizky Alatas dan Kezia Aletheia. Akting Fergie Bethany juga mendapat pujian dari para pecinta drama atas perannya sebagai teman dekat Fisya.

Berdasarkan survei Alvara dan Viu, wanita memang memiliki saluran menceritakan masalah pernikahan dibandingkan pria. Pria hanya memiliki tujuh saluran, sementara wanita memiliki 12 saluran. Para responden mengakui bahwa mereka mengadukan persoalan rumah tangga kepada orangtua (42,8%), Yang Maha Kuasa (35%), dan teman (30,6%). 

Survei itu menjaring pendapat responden dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Meda, Banjarmasin dan Makassar. Drama Assalamualaikum Calon Imam 2 kini dapat ditonton secara marathon di Viu. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat