visitaaponce.com

Alfie Alfandy Berusaha Selalu Buka Puasa Bersama Istri

Alfie Alfandy Berusaha Selalu Buka Puasa Bersama Istri
Alfie Alfandy(Instagram @alfiealfandy)

AKTOR Alfie Alfandy mengatakan momen berbuka puasa adalah momen yang selalu ia nanti. Aktor yang melejit lewat perannya sebagai Ustaz Jefri Al Buchori (Uje) di film Hijrah Cinta (2014) mengatakan selalu mengusahakan berbuka bersama istri tercinta.

Aktor bernama asli Rahmat Al Hanafi itu menuturkan ketika dalam kondisi berjauhan pun, mereka akan mencari tempat untuk berbuka puasa bersama. Menurutnya, buka puasa bersama istri adalah tradisi yang tetap ia pertahankan bagaimana pun caranya.

"Kalau aku sama istriku punya tradisi mau gimana pun sibuknya buka puasa harus bareng-bareng. Misalnya istriku di mana, aku di mana, kita ketemu di tengah buat buka puasa doang. Abis buka kita salat, lanjutin aktivitas masing-masing," kata Alfie, ketika ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Baca juga: Shireen Sungkar Bagikan Tips Anak Berpuasa Sejak Dini

Aktor kelahiran Medan, 3 Maret 1990 itu menuturkan berbuka puasa bersama istri merupakan caranya untuk memupuk rasa kasih sayang di dalam rumah tangga.

"Dalam pernikahan itu jangan lupakan hal kecil yang menjadi bumbu rumah tangga. Kita ingin rumah tangga itu rumahku surgaku. Yang kita pegang hal kecil yang bikin rasa sayang dan cinta semakin besar terutama kepada Allah," ujar Alfie, yang kini juga menjadi pendakwah.

Ramadan terakhir

Selain itu, Alfie juga mengungkapkan makna bulan Ramadan bagi dirinya. Ia mengaku selalu berpikir bahwa setiap Ramadan adalah bulan yang terakhir akan ia jalani. Hal tersebut membuat dirinya akan beribadah secara maksimal, karena merasa tidak akan bertemu lagi dengan bulan Ramadan berikutnya.

Baca juga: Naysilla Mirdad Mengaku tidak Ikuti Tren Busana

"Buat aku pribadi, bulan puasa tahun ini bulan Ramadan terakhir buat aku, jadi berusaha semaksimal mungkin, karena tidak tahu umur kapan ya. Jadi berpikir hari pertama Ramadan mungkin ini terakhir," katanya.

Alfie mengaku bisa mengatur waktu antara di dunia akting, dakwah, dan beribadah. Ia mengaku saat Ramadan ini menjalani aktivitas mengisi siniar di Podkesmas, sebuah kanal siniar di platform Spotify. Lalu, ia juga ada sejumlah syuting di televisi atau pun di kanal YouTube.

Belum lagi, ia juga beribadah pada bulan Ramadan, seperti salat wajib lima waktu, tarawih, tahajjud, dan membaca Alquran.

Menurut Alfie, tidak ada yang sulit ketika ada kemauan untuk mengatur waktu dan mau mengurangi waktu tidur. Ia mengaku mengurangi waktu tidur agar mampu beribadah secara maksimal di bulan Ramadan.

"Manajemen waktu, kapan sahur, kapan ngajar, kapan silaturahmi, belajar itu bisa aja diatur, dan menurut aku hal yang mungkin. Dan, kurangi tidur karena orang yang tidur menyia-nyiakan hidupnya dan hilang kesempatan dalam hidupnya," katanya.

Bikers Dakwah

Selain beribadah dan belajar memperdalam agama Islam, Alfie juga akan berdakwah melalui Bikers Dakwah, komunitas dakwah yang diresmikan pada 2018. Ia mengaku akan berdakwah dari satu komunitas motor ke komunitas lainnya. Harapannya, mereka akan dekat ke jalan Allah.

Sejauh ini, ia mengatakan langkah yang ia lakukan dengan berdakwah ke komunitas motor mendapatkan respon positif. Ia mengatakan sebenarnya setiap orang memiliki niat untuk belajar agama. Namun, mereka kerap terbawa pengaruh lingkungan atau tidak mendapatkan sosok yang membimbing mereka.

"Kita butuh Sang Pencipta dan hanya kadang kita malu untuk belajar, hanya terkadang kita dapat kenikmatan dan lupa bilang terima kasih kepada Allah. Jangan sampai kenikmatan itu diambil baru kita kembali ke Allah. Jadi, lagi nikmat harus kembali pada Allah, sehingga nikmat itu Allah tambahkan," katanya.

Meski demikian, ia mengaku ada tantangan tersendiri ketika mengajar orang yang baru kembali belajar agama. Ia mengatakan butuh kesabaran dalam mendampingi mereka agar mau terus konsisten untuk belajar.

Bagi Alfie, berdakwah dan memberikan pengajaran agama kepada orang lain juga menjadi cara bagi dirinya untuk belajar. Ia mengatakan sebagai pendakwah tentu ia terus didorong untuk memperdalam nilai agama Islam.

"Dakwah sejujurnya bukan ngajarin orang tapi ngajarin diri sendiri karena seperti Buya Hamka bilang ketika aku sibuk menasehati orang aku lupa menasehati diri sendiri, jadi membuka buku yang pernah tulis, kita isi, baca lagi, nasehatin lagi diri kita," pungkasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat