visitaaponce.com

Bintangi Hati Suhita, Desy Ratnasari Belajar Bahasa Jawa Timur

Bintangi Hati Suhita, Desy Ratnasari Belajar Bahasa Jawa Timur
Poster film Hati Suhita yang menampilkan Desy Ratnasari(Instagram @desyratnasariterdepan)

AKTRIS senior Desy Ratnasari mengaku salah satu tantangan yang dia hadapi ketika bermain di film Hati Suhita adalah bahasa, sehingga dia banyak menghabiskan waktu untuk belajar bahasa dan dialek Jawa Timur.

Desy berperan sebagai karakter Ummi, yang di dalam film itu adalah pendiri salah satu pesantren di Kediri, Jawa Timur, bersama suaminya, sehingga dia dituntut menguasai bahasa dan dialek setempat demi mendalami karakter.

"Bermain sebagai Ummi tentu yang paling menjadi tantangan adalah bahasa. Lidah saya terbiasa bahasa Sunda kemudian saya harus belajar bahasa Jawa Timuran dan itu butuh proses mentor setiap kali syuting memang selalu agak belibet lidahnya," kata Desy, dikutip Rabu (17/5).

Baca juga: Omar Daniel Rela tidak Cukur Rambut untuk Peran

Dia menambahkan proses belajar bahasa Jawa Timur merupakan salah satu hal yang membuatnya bahagia karena bisa mempelajari hal-hal baru ketika menjalani proses penggarapan film.

 

Desy menjelaskan setiap hari selama proses syuting dia dibimbing pelatih yang khusus mengajarkan bahasa dan dialek Jawa Timur untuk melancarkan dialek serta memasukkan beberapa kosa kata bahasa Jawa Timur ke dalam dialog.

Dia mengaku telah mempelajari bahasa dan dialek Jawa Timur sejak awal menerima kontrak bermain di film Hati Suhita. Latihan tersebut terus dia jalani selama proses syuting yang berjalan selama hampir dua bulan.

Baca juga: Disambut Penonton, WeTV Original Tilik The Series Masuki Babak Baru

Kebiasaan Desy dalam menggunakan bahasa Jawa Timur selama proses syuting sampai terbawa ke kehidupannya sehari-hari ketika dia berbicara dengan anaknya serta rekan-rekannya.

Menurut Desy, unsur budaya yang kental dalam film Hati Suhita bisa memberikan pelajaran kepada anak muda zaman sekarang untuk lebih memahami soal tradisi serta prinsip kehidupan yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat