visitaaponce.com

Elton John Menutup Festival Glastonbury dengan Penuh Emosional

Elton John Menutup Festival Glastonbury dengan Penuh Emosional
Festival Glastonbury ditutup dengan penuh emosional oleh penyanyi legendaris Elton John.(AFP)

PENYANYI Elton John mengakhiri Festival Glastonbury, Minggu (25/6), dengan penuh emosi. Penampilan itu diperkirakan menjadi penampilan terakhirnya di Inggris. 

"Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan tampil di Glastonbury," katanya kepada penonton.

"Ini adalah malam yang sangat istimewa dan emosional bagiku - mungkin ini adalah pertunjukan terakhirku di Inggris, di Britania Raya, jadi saya harus tampil dengan baik dan menghibur kalian."

Baca juga: Pesinetron Arbani Yasiz Bertemu Salah Satu Capres di GBK, Ngobrol Soal Ini

Superstar pop berusia 76 tahun ini sedang mengakhiri karirnya dengan tur perpisahan global. Ia menggelar konser terakhirnya di Amerika Serikat pada Mei, sebelum pertunjukan terakhir di Stockholm pada tanggal 8 Juli.

Glastonbury, festival musik terkenal di Britania Raya, telah diselenggarakan di sebuah peternakan di barat daya Inggris selama lima dekade.

Baca juga: Nadhif Basalamah Rilis Single Penjaga Hati

John tampil di panggung utama Pyramid Stage yang mendapatkan sambutan  antusias penggemarnya. Mereka menanti kehadiran empat "kolaborator" yang akan bergabung dengannya, yang identitasnya belum diumumkan.

"Elton adalah legenda," kata Giles Briscoe, seorang mahasiswa PhD berusia 26 tahun, kepada AFP saat menuju panggung beberapa jam sebelum pertunjukan dimulai, dengan mengenakan replika seragam bisbol ikonik yang dikenakan John pada konser terkenalnya di Dodgers Stadium, Los Angeles pada tahun 1975.

"Fakta bahwa dia akan tampil di panggung sebesar ini, pada momen bersejarah dalam karirnya, adalah acara yang besar."

Suami John, David Furnish, mengungkapkan empat tamu yang berbeda akan tampil bersama di panggung, dan menjanjikan pertunjukan ini akan berbeda dari set-set ikon global John dalam tur Farewell Yellow Brick Road yang berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

"Pertunjukan ini sangat istimewa. Ini bukan hanya hari kerja biasa," kata Furnish kepada Sky News.

Dia juga mengungkapkan John tidak akan berhenti membuat musik setelah tur ini berakhir bulan depan. Sebaliknya John akan memulai pembuatan album studio baru pada akhir tahun ini.

Penampilan terakhir John di Inggris ini menjadi puncak dari beberapa hari pertunjukan nama-nama besar di depan lebih dari 200.000 penggemar di Glastonbury, termasuk veteran rock Amerika Serikat Guns N'Roses, yang tampil pertama kali di festival yang berlangsung lama tersebut pada malam Sabtu yang sangat dinantikan.

Mereka menyajikan beragam lagu dari katalog mereka dalam pertunjukan berdurasi lebih dari dua jam, termasuk hits seperti "Knockin' On Heaven's Door", "Sweet Child O' Mine", dan "November Rain".

Vokalis Foo Fighters, Dave Grohl, yang band-nya tampil dalam slot rahasia pada hari Jumat, ikut bergabung dengan mereka di panggung untuk membantu memainkan versi khusus dari lagu "Paradise City".

Artis lain yang tampil tahun ini termasuk band indie ternama Inggris Arctic Monkeys, penyanyi Lizzo, rapper Lil Nas X, ikon post-punk Blondie, dan "rickroller" Rick Astley, yang menunjukkan semangat eklektik Glastonbury.

Pada Sabtu (24/6), penonton memberikan dukungan dengan menyanyikan lagu bersama saat penyanyi asal Skotlandia, Lewis Capaldi, yang menderita sindrom Tourette, mengalami kesulitan menyelesaikan pertunjukannya. Dia mengumumkan bahwa dia akan istirahat, setelah membatalkan beberapa pertunjukan untuk pulih dari masalah kesehatan.

Peternak susu, Michael Eavis, pertama kali mengorganisir festival ini pada tahun 1970, satu hari setelah Jimi Hendrix meninggal, dan para penggemar yang datang untuk melihat penampilan seperti Marc Bolan dan Al Stewart membayar £1 setiap orang untuk masuk dan mendapatkan susu gratis dari peternakan tersebut.

Festival ini diselenggarakan secara tidak teratur pada tahun 1970-an, tetapi baru pada tahun 1990-an festival ini mulai mendapatkan reputasi kultusnya.

Selain menarik penampil terbesar dari berbagai genre dan generasi, festival ini juga dikenal karena menyelenggarakan ribuan penampilan kecil dan acara-acara unik di area Worthy Farm yang luas, serta dikenal dengan kondisi cuaca yang sering hujan dan berlumpur.

Namun, tahun ini tidak ada masalah tersebut, karena Britania Raya sedang mengalami periode kering yang panjang, sehingga sebagian besar negara terlihat kering.

Lebih dari 100.000 tiket standar untuk festival tahun ini terjual habis dalam waktu kurang dari satu jam, meskipun harganya naik menjadi £335 ($427) tahun ini.

Para penggemar yang membawa tenda, ransel, dan minuman keras telah memadati lokasi sejak hari Selasa, menjelang pembukaan gerbang keesokan harinya dan dimulainya musik live pada hari Jumat. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat