visitaaponce.com

Dituduh Melecehkan Penggemar, Hybe Angkat Suara Melalui Weverse

Dituduh Melecehkan Penggemar, Hybe Angkat Suara Melalui Weverse
Staf Hybe diduga melakukan pelecehan seksual terhadap penggemar Kpop(Dok. Ist)

PERUSAHAAN hiburan Kpop, Hybe, menghadapi tuduhan pelecehan seksual setelah perilaku stafnya. Perlakuan tersebut tercermin penggemar melaporkan seorang staf dengan sengaja menyentuh payudara mereka selama pemeriksaan keamanan pada acara tanda tangan penggemar.

Diketahui, Hybe Corporation mengadakan acara tanda tangan penggemar offline untuk penggemar grup Kpop baru mereka, &Team. Biasanya, berbagai acara idol memerlukan pemeriksaan standar untuk memastikan keselamatan dan keamanan penggemar dan idolanya. Tetapi kali ini, pemeriksaan wajib oleh acara Hybe jauh dari standar. 

Biasanya, pemindai elektronik sudah cukup untuk memastikan perangkat-perangkat tersebut tidak masuk ke dalam acara tersebut. Tetapi kali ini, staf secara manual menyentuh payudara penggemar dan memeriksa pakaian dalam mereka daripada memindai.

Baca juga: Hybe dan YG Entertainment Tanggapi Hubungan Taehyung ‘V’ BTS dan Jennie Blackpink

Mereka bahkan menuntut penggemar untuk mengekspos tubuh mereka. Setelah itu, banyak penggemar mengungkapkan keluhan mereka di media sosial dan komunitas online tentang pemeriksaan keamanan yang diduga invasif pada acara tersebut, yang membuat tagar "#underwearsearch" menjadi tren di Korea Selatan.

Pada hari yang sama, seorang penggemar bersaksi di Twitter tentang pelecehan seksual yang mereka terima dari staf Hybe. Mereka menghadiri acara tanda tangan penggemar Kpop untuk grup &Team. 

Baca juga: BTS Putuskan Hiatus, Saham HYBE Rontok

"Pertama kalinya dalam hidup saya, seseorang memeriksa bra saya di acara tanda tangan penggemar. Ibuku bahkan tidak menyentuh payudara saya, dan mereka berani mengatakan, 'Saya akan menyentuh payudara Anda sekarang' dan tiba-tiba menyentuhnya." Tulis @bbokbogi di Twitter.

Setelah pengguna Twitter tersebut memposting cerita tersebut, lebih banyak orang muncul dan membagikan pengalaman mereka. Ternyata, pelecehan seksual semacam itu dari staf Hybe Kpop terjadi pada beberapa penggemar, yang menyebabkan kontroversi besar.

"Seperti mereka sedang mengelusnya: menekan bagian atas payudara saya, lalu bagian bawahnya. Saya terlalu terkejut, jadi saya hanya mengatakan, 'Ini hanya payudara saya...'." tulis @chukiatte di Twitter.

"Mereka menyatakan bahwa mereka akan menyentuh payudara saya. Kemudian, mereka menempatkan sisi tangan mereka di antara payudara saya. Setelah itu, mereka menyentuh bagian atas dan bawah payudara saya dan mengatakan bahwa itu bukan kawat. Mereka juga tidak membiarkan Anda kembali ke kursi setelah diperiksa karena mereka percaya Anda akan memiliki sesuatu yang disembunyikan dan membawanya ketika Anda kembali." Tulis @haruaotaku di Twitter.

"Wah, selama pemeriksaan pakaian dalam, mereka menyentuh payudara saya dan bertanya, 'Ini jam tangan, kan?'. Kemudian, mereka menyeret saya ke area yang lebih kecil dan menyuruh saya mengangkat kemeja. Saya tidak punya pilihan, jadi saya melakukan seperti yang diperintahkan. Tetapi kemudian, seseorang membuka pintu! Orang asing yang sembarangan melihat saya saat sedang diperiksa. Saya merasa sangat malu! Hak asasi manusia saya terasa sangat terabaikan!" tulis @kogaKfan di Twitter.

Klarifikasi Hybe

Setelah kontroversi pelecehan seksual tersebut menjadi viral di internet dan media sosial Hybe mengeluarkan pernyataan resmi lewat anak perusahaan Hybe, Weverse Shop, yang menjadi penyelenggara acara. Oleh karena itu, Weverse Shop meminta maaf dalam pernyataan resmi pada Minggu (9/7) melalui situs web resmi mereka.

"Halo, ini Weverse Shop.

Kami ingin meminta maaf kepada penggemar yang menghadiri acara tanda tangan penggemar secara langsung untuk &Team pada tanggal 8 Juli mengenai pemeriksaan tubuh keamanan yang dilakukan oleh penjaga keamanan wanita.

Acara tanda tangan penggemar adalah tempat di mana artis dan penggemar berbicara satu lawan satu, dan jika rekaman tersebar ke publik, itu mungkin tidak baik untuk penggemar dan artis. Jadi untuk mencegah situasi seperti itu terjadi, kami selalu secara ketat membatasi [penggemar] membawa peralatan elektronik yang memungkinkan perekaman. Hingga saat ini, banyak penggemar yang secara aktif bekerja sama dengan praktik ini.

Namun, karena ada beberapa kasus [penggemar] yang menyembunyikan peralatan elektronik di tubuh mereka untuk membawanya masuk, pemeriksaan tubuh dilakukan pada tanggal 8 Juli oleh penjaga keamanan wanita untuk memeriksa hal ini. Kami meminta maaf kepada penggemar yang menghadiri acara dengan hati yang bahagia karena membuat Anda tidak nyaman.

Meskipun itu adalah masalah keamanan, kami menyadari bahwa itu bukan alasan yang dapat diterima untuk membuat penggemar merasa tidak nyaman. Kami dengan tulus meminta maaf bahwa insiden semacam ini terjadi pada acara tersebut.

Kami akan merencanakan perbaikan, seperti memperkenalkan metode pemeriksaan keamanan tanpa kontak, dan kami akan berusaha membuat penggemar dapat mengikuti acara tanda tangan penggemar dengan artis dalam lingkungan yang lebih nyaman dan bahagia.

Terima kasih. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat