visitaaponce.com

Perjalanan Dua Dekade Facebook Dominasi Sosial dan Kontroversi

Perjalanan Dua Dekade Facebook: Dominasi Sosial dan Kontroversi
Ilustrasi(AFP)

Facebook kini genap berusia 20 tahun. Produk media sosial yang memulai perjalanannya dari sekadar tempat berkumpul sederhana kini telah berkembang menjadi perusahaan raksasa dunia.

Mulanya, facebook diluncurkan dengan nama thefacebook.com oleh Mark Zuckerberg dan tiga temannya pada 4 Februari 2004. Saat itu, aplikasi tersebut dibatasi hanya untuk mahasiswa Harvard College. Namun pada 2006, facebook dapat diakses secara umum.

Menurut analis Insider Intelligence, Jasmine Enberg, Facebook merevolusi cara manusia dalam berinteraksi secara online. Dampaknya kemudian sangat besar terhadap budaya pop, politik, dan perilaku online.

Baca juga : Gugatan Terbaru: Meta Dituduh Mengekspos Anak-anak di Facebook dan Instagram

"Facebook saat diluncurkan benar-benar revolusioner," ujar Jasmine Enberg.

Sebagai platform media sosial pertama, Facebook dapat menghubungkan orang dengan siapa pun, dan di mana pun. Pada 2023, pengguna Facebook diperkirakan lebih dari tiga miliar orang di seluruh dunia.

Evolusi Menjadi Meta

AFP/Ilustrasi

Baca juga : Threads Tambahkan Fitur-Fitur Baru Untuk Perkuat Daya Tarik

Tidak hanya sebagai wadah komunikasi, Facebook ternyata juga berfungsi sebagai marketplace. Facebook juga melebarkan sayap dengan mengakuisisi Instagram dan WhatsApp. Setelah mengakuisisi kedua aplikasi tersebut, Mark Zuckerberg melakukan perubahan nama perusahaan itu menjadi Meta pada akhir 2021.

Hal itu mencerminkan visi Zuckerberg tentang dunia maya imersif sebagai platform komputasi utama berikutnya, yang disebut metaverse.

Pertumbuhan Facebook memungkinkannya berinvestasi dalam inovasi, termasuk kecerdasan buatan dan realitas virtual. Meskipun sekarang hanya sebagian kecil pengguna yang aktif secara teratur, tetapi Facebook tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari lanskap digital.

Baca juga : Kekacauan Twitter Jadi Kesempatan Emas Threads Meta

Diketahui, sebagian besar pengguna berusia 18-34 tahun berdasarkan DataReportal. Tetapi seberapa aktif mereka terlibat dengan platform ini tetap sulit diukur.

Dengan perkembangan ini, Facebook tetap menjadi daya tarik bagi pengiklan berkat jangkauan dan kinerjanya. Meskipun kritis dan terlibat dalam berbagai kontroversi, Facebook terus berkembang, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu platform paling berpengaruh dalam sejarah internet. (Z-11)

 

Baca juga : Meta akan Luncurkan Threads, Aplikasi Pesaing Twitter

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat