visitaaponce.com

Alan kembali dengan Karya Baru dalam EP Jepang

Alan kembali dengan Karya Baru dalam EP Jepang
Alan.(Dokpri)

PENYANYI Alan kembali dengan kejutan musik baru dalam EP atau diskografi musik Jepang《Night&Day》pada 28 Februari dengan perilisan video musik 深愛 (Shen Ai) secara bersamaan. Ini membuat para penggemar musik yang sudah lama menantikan menjadi terkejut. Alan telah fokus pada musik dalam beberapa tahun terakhir. 

Setelah menandatangani kontrak dengan label lamanya, Avex, ia semakin sering menghasilkan karya-karya cemerlang. Usai satu tahun kerja keras, lagu-lagu Jepang khas Alan akhirnya bisa dinikmati oleh para penggemar. Dengan EP baru ini, ia khusus menghadirkan dua lagu emas, yakni 深愛 (Shen Ai) dan 空は希う(漫天寄願 Man Tian Ji Yuan) bersama dua produser musik berat Avex, Shinjiro Inoue dan Yoshihisa Tokuda. 

Hal ini menunjukkan betapa seriusnya perusahaan manajemen dalam menggarap proyek ini. "《Night&Day》 secara langsung ialah perwujudan perjuangan hidup saya, bekerja keras siang dan malam, mengikuti hati nurani untuk terus maju, sekaligus sebagai pendorong. Saya berharap kapan pun dan di mana pun, kita memiliki keberanian untuk mengejar yang kita cintai," ungkap Alan dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3). 

Baca juga : Sundowners Ingin Ciptakan Dimensi Sendiri Melalui Album Perdana

Alan meraih Penghargaan Perak dalam Shanghai Asian Music Festival ke-9 pada 2006. Ia berhasil menonjol dalam kompetisi pencarian bakat Avex di seluruh Asia, sehingga mendapatkan kesempatan untuk berkembang di Jepang. 

Perusahaan mengirimkan produser terkenal seperti Koji Kikkawa, yang telah bekerja dengan artis ternama seperti Ayumi Hamasaki, Koda Kumi, dan band Koshien, untuk menciptakan album mereka dan meraih kesuksesan luar biasa. Singel kesembilan pribadinya, 久遠的河 (Yong Jiu De He), berhasil meraih peringkat ketiga dalam tangga lagu Oricon Jepang. Ini menjadikannya sebagai penyanyi berbahasa Tionghoa dengan peringkat tertinggi dalam tangga lagu Oricon Jepang. 

Alan juga menyanyikan lagu tema versi Tionghoa dan Jepang untuk film 赤壁 (Chi Bi) yang disutradarai oleh John Woo--berlatar belakang sejarah Tiga Kerajaan--sehingga membawa kariernya ke puncak. Tentang kesempatan merilis karya baru, Alan mengatakan bahwa pada 2022, untuk merayakan 15 tahun debutnya, ia merilis album kompilasi vinyl yang memicu keinginannya untuk merilis lagu baru dalam bahasa Jepang. "Karena beberapa faktor lingkungan dan jadwal kerja, ide ini sempat terhenti. Namun akhirnya dengan dukungan dari perusahaan, persiapan mulai berjalan lancar, dan akhirnya lahir EP Jepang baru ini, 《Night&Day》," tuturnya. 

Baca juga : Namira Rilis Lagu 'Bukan Aku yang Kau Cinta'

Bekerja sama dengan dua guru terkenal seperti Shinjiro Inoue dan Yoshihisa Tokuda, Alan merasa beruntung. Ketika ditanya tentang pengalaman bekerja dengan kedua guru tersebut, Alan mengatakan bahwa keduanya musisi terkenal. "Saya merasa sangat terhormat bisa mendapat dukungan dari kedua maestro ini untuk EP Jepang ini." Tidak bisa dipungkiri, ia sudah mengenal Yoshikazu Tokuda sejak bekerja sama dalam lagu tema 赤壁 (Chi Bi) pada 2008. Tidak pernah terbayangkan bahwa ia akan bekerja sama lagi setelah lebih dari 10 tahun. Ketika bertemu lagi, ia merasa seperti mewujudkan mimpi. 

Sudah lama tidak merilis EP dalam bahasa Jepang, Alan mengaku bahwa pengucapan bahasa Jepang dalam lagu masih menantang baginya. "Sambil memahami lirik, saya juga meminta bantuan rekan kerja yang ahli dalam bahasa Jepang untuk membantu memperbaiki pengucapan." Selain itu, lirik dari dua lagu yang terdapat dalam EP ini sangat bermakna. 

Alan telah melakukan persiapan yang matang untuk meresapi makna lirik tersebut. Setiap percobaan bernyanyi, ia perlahan-lahan memahami lirik tersebut. "Saya juga melakukan persiapan mental, membawa diri saya ke dalam cerita lagu, agar bisa menyatu dengan EP ini." 

Dengan merilis EP baru ini, Alan berharap dapat menunjukkan sisi lain dari dirinya melalui ekspresi bahasa. Ia juga berharap dapat memberikan kontribusi kecil dalam pertukaran budaya antara Tiongkok dan Jepang. 

Alan berbagi bahwa fokus kerjanya belakangan ini lebih di daratan Tiongkok. Ia lebih sering menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga dan menyukai perjalanan, merasakan keindahan alam, "Bagi saya, itu cara yang efektif untuk memulihkan energi saya dengan cepat." (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat