visitaaponce.com

Kerusakan Ekologi Jakarta di 24 Jam Bersama Gaspar

Kerusakan Ekologi Jakarta di 24 Jam Bersama Gaspar
Para pemeran film 24 Jam bersama Gaspar.(Mi/ Fathurrozak)

FILM panjang keempat Yosep Anggi Noen, 24 Jam Bersama Gaspar yang akan tayang di Netflix mulai 14 Maret 2024. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sabda Armandio itu menggambarkan dunia distopia Jakarta pada masa depan.

 

Film 24 Jam Bersama Gaspar merupakan film kolaborasi Visinema Pictures dan KawanKawan Media. Irfan Ramli dari Visinema didapuk sebagai penulis skenario dan telah memenangkan penulis skenario adaptasi terbaik pada FFI 2023 untuk film ini.

Baca juga : Film 24 Jam Bersama Gaspar akan Tayang di Festival Film Internasional Singapura 2023

 

Dalam proses adaptasi novel ke naskah film, sutradara Anggi Noen menjelaskan pengembangannya dilakukan dengan mencari lebih dulu tempat yang akan menjadi dunia Gaspar di dalam layar. “Kami tidak memunculkan sinopsis atau breakdown scene terlebih dulu. Justru ketika itu, saya dan Irfan pergi ke tempat yang kira-kira bisa memvisualisasikan distopia Jakarta. Akhirnya kami mengeksplorasi sudut kota Semarang, yang mana di sana kami menjumpai daerah rob, bagaimana air laut mulai menggenai daratan. Itu menjadi bagian kunci dari cerita. Ternyata, distopia di masa depan bukan karena perang tapi justru climate change dan ketidakpedulian penguasa terhadap ekologi,” kata sutradara Yosep Anggi Noen dalam press junket film 24 Jam Bersama Gaspar di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat, (8/3/2024).

 

Baca juga : Masuk Kompetisi Jiseok Busan, Gaspar Harap Bisa Ketemu Banyak Distributor

Visual lokasi tersebut, disebut Anggi menjadi modal bercerita di dalam filmnya. Tayangnya Gaspar yang langsung masuk ke Netflix setelah berkeliling di beberapa festival internasional, disebut Anggi juga menjadi cara untuk memperluas audiensnya. Pada 14 Maret, film itu akan tayang secara global di Netflix. Selama ini, Anggi dikenal dengan gaya penyutradaraan dengan pendekatan yang lebih niche. Dengan bentuk-bentuk non-naratif.

 

“Saya pikir membawa satu film dengan yang lainnya dengan beda-beda genre menjadi pencapaian dalam karier. Di Gaspar, harus ada keterjangkauan yang lebih luas. Saya sadar film-film saya sebelumnya niche. Baik secara pendekatan sinemanya, penontonnya, hingga distribusinya. Itu selalu menjadi suatu tantangan dalam mendistribusikan karya yang niche. Di Gaspar, dengan film ini tayang secara global di seluruh dunia saya ingin menunjukkan cerita yang ada di Indonesia ke audiens global,” sambung Anggi.

 

Film 24 Jam Bersama Gaspar dibintangi Reza Rahadian, Shenina Cinnamon, Laura Basuki, Sal Priadi, Kristo Immanuel, Dewi Irawan, dan Iswadi Pratama. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat