visitaaponce.com

Blockout 2024, Aksi Blokir Akun Media Sosial Selebritas yang Bungkam soal Krisis Kemanusiaan di Jalur Gaza

Blockout 2024, Aksi Blokir Akun Media Sosial Selebritas yang Bungkam soal Krisis Kemanusiaan di Jalur Gaza
Salah satu selebritas yang menjadi sasaran aksi Blockout 2024, Selena Gomez(Instagram @selenagomez)

SEBUAH gerakan yang diberi nama Blockout 2024 mendapat perhatian di media sosial. Gerakan itu mendesak pengguna untuk memblokir akun selebritas yang bungkam mengenai krisis kemanusiaan di Jalur Gaza.

Orang-orang di seluruh dunia mengungkapkan rasa frustrasi terhadap para selebritas karena tidak menyadari dan tidak menggunakan pengaruh mereka untuk menarik perhatian terhadap situasi mengerikan di Jalur Gaza.

Seorang pengguna TikTok yang terlibat dalam gerakan tersebut menyatakan tujuan aksi ini adalah untuk menghentikan aliran pendapatan dan popularitas tertentu dari para selebritas.

Baca juga : John Legend Detoks Media Sosial

Para pengguna media sosial yang terorganisir membagikan daftar selebritas untuk diblokir, yang menyebabkan hilangnya pengikut beberapa tokoh masyarakat secara signifikan di Instagram dan platform lainnya, menurut Social Blade, situs analisis media sosial yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Selebritas yang menjadi sasaran aksi Blockout 2024 itu antara lain adalah penyanyi dan aktris Selena Gomez, penyanyi dan aktris Zendaya, pemengaruh media sosial Kim Kardashian dan sang adik Kylie Jenner. Mereka kehilangan ratusan ribu bahkan jutaan pengikut baik di Instagram dan X.

Selain itu ada juga penyanyi Beyonce dan Rihanna serta pencipta lagu dan penyanyi Billie Eilish yang kehilangan 1,1 juta pengikut di Instagram.

Baca juga : Dihukum Twitter dan Instagram, Kanye West Beli Media Sosial Parler

Gerakan ini dipicu oleh video TikTok dari pemengaruh Haley Kalil di Met Gala pada 7 Mei, yang melakukan sinkronisasi bibir dengan kalimat, "Biarkan mereka makan kue."

Ungkapan itu muncul saat Revolusi Perancis menunjukkan ketidakpedulian Ratu Marie Antoinette terhadap penderitaan orang miskin.

Video Kalil mendapat reaksi keras di media sosial. Seorang pengguna TikTok membagikan video yang menyatakan, "Sudah waktunya bagi masyarakat untuk melakukan guillotine digital kepada semua selebritas yang tidak menggunakan sumber daya mereka untuk membantu mereka yang sangat membutuhkan." (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat