visitaaponce.com

Pameran Seni Rupa Metropolitan Melodies Gorta X 2Madison Digelar 18-30 Mei 2024 di 2Madison Gallery Jakarta

Pameran Seni Rupa Metropolitan Melodies Gorta X 2Madison Digelar 18-30 Mei 2024 di 2Madison Gallery Jakarta
contoh karya Metropolitan Melodies(dok. Pameran Seni Rupa Metropolitan Melodies Gorta X 2Madison)

PAMERAN Metropolitan Melodies terselenggara atas kerjasama Gorta (Goresan Jakarta) dengan dukungan 2Madison Gallery. 

Gorta adalah kelompok seni dimana anggotanya merupakan para perupa yang pernah mengenyam studi di Institut Kesenian Jakarta. Di sana mereka tumbuh dan mengembangkan bakat serta pemahaman seninya yang beragam. Pameran kali ini menampilkan 34 karya dari 15 perupa. 

Karya seluruhnya dalam bentuk 2D di antaranya lukisan, grafis, dan mixed media. Karya yang dipamerkan merupakan hasil pertimbangan kurasi pihak galeri maupun diskusi kurator - tim pameran (pengurus Gorta) Kemudian ada beberapa perupa yang kami undang secara khusus. 

Baca juga : Grey Art Galery Beri Penghargaan untuk Pelaku Seni

Metropolitan merupakan kota yang menjadi inti dari kota-kota disekitarnya dalam hal system pemerintahan, industrial, komersial dan lainnya. Metropolitan terbentuk dengan keramaian mobilitas, keberagaman, ketimpangan, dan keunikan tersendiri. 

Dalam hingar bingar dan hiruk pikuk di kota metropolitan, manusia tumbuh dan membersamai keadaan di sekitarnya tersebut. Pada hakikatnya manusia juga memiliki dorongan untuk dapat hidup berdampingan dan membangun peradaban maju. Melodies sendiri menjadi idiom dalam mengartikan ritme, rendah dan tingginya sebuah nada. Dalam hal ini, melodi dapat menghasilkan harmonisasi (keserasian), namun juga nada tinggi yang berakibat menimbulkan noise (kebisingan,) suara yang dapat ditemukan di Kota.

Metropolitan Melodies dalam pameran ini ialah bagaimana perupa merefleksikan persoalan-persoalan tersebut. Setiap seniman tentu memiliki pemikiran, sikap, dan bahasa ungkapan tersendiri, yang menjadi makna tersirat dan memberikan gagasan pemahaman atau imajinasi yang mendalam bagi publik melalui karya yang dihasilkan. Keberagaman respon tersebut menjadi hal menarik untuk dipahami bersama-sama. 

Baca juga : Laila Azra Tampilkan 'Soca' Paduan Seni Lukis dan Cahaya di Artsphere Gallery

Pameran yang akan berlangsung dari tanggal 18-30 Mei 2024, akan diawali dengan Pembukaan Pameran yang akan dibuka oleh: The Jadugar, pada: Sabtu,18 Mei 2024, jam: 16.00 WIB. 

Selain pameran juga terdapat sesi program publik, di antaranya workshop dan diskusi karya, yang akan dilaksanakan pada: Sabtu, 25 Mei 2024.

Kegiatan tersebut diawali dengan worskhop cat air bersama Tari. Dilanjutkan dengan workshop clay bersama Nora. Gorta mengajak publik untuk memperingati Mei sebagai Bulan Menggambar Nasional, setiap peserta akan berkarya bersama, sharing mengenai karyanya dan diakhiri dengan tukar karya secara diundi. Seluruh rangkaian kegiatan dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Untuk ikut serta mengembangkan ekosistem seni budaya, sebagian dari penjualan karya pada pameran ini akan didonasikan kepada Yayasan Jogja Disability Arts. Yayasan yang fokus pada pengembangan potensi disabilitas pelaku seni, melalui berbagai program diantaranya: edukasi, presentasi, seminar dan kolaborasi. Bersama, mendukung talenta luar biasa dan memperjuangkan inklusi melalui seni.
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat