visitaaponce.com

Art Jakarta Gardens Suguhkan Karya Seni Patung

Art Jakarta Gardens Suguhkan Karya Seni Patung
Poster Art Jakarta Gardens(Instagram)

UPAYA untuk menghidupkan kembali karya seni patung dilakukan pameran seni Art Jakarta Gardens 2024. Sebanyak 30 patung karya 28 seniman bakal ditampilkan pada pameran seni yang mengkolaborasikan antara ruang terbuka dengan karya seni itu, dan akan berlangsung di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Jakarta, 23 – 28 April.

Direktur Artistik Art Jakarta Gardens, Enin Supriyanto menuturkan, dalam beberapa tahun belakang, keikutsertaan karya seni patung dalam pameran seni di Indonesia sangatlah minim, salah satu alasannya karena keterbatasan ruang pamer. Padahal, sambung Enin, sejarah mencatat ketika Presiden Soekarno berkuasa Jakarta adalah kota yang lekat dengan seni patung.

“Sejak tahun 1950-an, Bung Karno selalu memberikan tempat yang sangat khusus pada karya patung atau monumen, bahkan menjadi semacam citra atau landmark bagi kota Jakarta. Tapi belakangan ini tradisi itu seperti terputus atau bahkan hilang,” ucap Enin dalam konferensi pers, Art Jakarta Gardens, Selasa (2/4).

Baca juga : Art Jakarta Gardens, Perpaduan Seni, Ekologi, dan Teknologi

Kondisi tersebut pun membuat Enin berkeinginan membawa deretan karya seni patung di depan publik lewat Art Jakarta Gardens 2024. Dengan harapan karya seni patung dapat kembali hidup dan diminati masyarakat khususnya anak-anak muda.

“Kami ingin menghidupkan lagi peluang atau kesempatan bagi publik untuk bisa menikmati dan mengapresiasi karya seni patung. Selain itu Art Jakarta Gardens juga diharapkan dapat memperkenalkan lagi bahwa ruang publik, ruang terbuka bisa diperkaya, bisa diperindah, bisa memunculkan komunikasi dengan publik saat karya seni ditempatkan di ruang terbuka seperti itu,” tuturnya.

Dari 28 Seniman yang terlibat, nama-nama pematung berbakat Indonesia seperti Gregorius Sidharta Soegijo, Ostheo Andre, Anggar Prasetyo, hingga Gabriel Aries dipastikan akan menampilkan karya seni terbaik mereka pada pameran tersebut. 

Baca juga : Patung-patung yang 'Berbicara'

Terkait proses kurasi patung, Enin mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan kepada 23 galeri seni yang terlibat dalam pameran Art Jakarta Gardens 2024. Penyelenggara hanya memastikan teknis karya seni tersebut seperti ukuran, layout tata ruang hingga ketahanan karya di luar ruangan.

“Peran kami lebih kepada menjelaskan kepada para Gallery karakteristik acara kami seperti apa, pengunjungnya seperti apa, suasananya seperti apa, sehingga mereka bisa menyesuaikan jenis karya seperti apa yang mau mereka bawa,” jelas Enin.

Tidak hanya memamerkan puluhan karya seni, di Art Jakarta Gardens 2024 sejumlah kegiatan seperti talk show hingga pertunjukkan musik juga bakal dihadirkan. Deretan musisi seperti White Shoes and The Couples Company hingga Om Leo Berkaraoke bakal hadir di sana.

Adapun Art Jakarta Gardens 2024 bakal dibuka setiap hari sepanjang waktu yang dijadwalkan, untuk hari kerja (Rabu-Jumat) pengunjung dapat menikmati pameran mulai pukul 13.00 - 21.00 WIB, sementara pada hari libur (Sabtu-Minggu) pameran akan dibuka mulai pukul 11.00 WIB - 21.00 WIB. Untuk tiket masuk, pihak penyelenggara akan segera rilis dalam waktu dekat di website artjakarta.com. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat